Rektor Sambut Hangat Kepulangan 30 Mahasiswa/i Untad Usai Ikuti Magang di Jerman

Bertempat di ruang Rektor Universitas Tadulako, 30 Mahasiswa/i Untad usai ikuti program magang Ferienjob di Jerman disambut hangat kepulangannya  setelah melaksanakan magang selama 3 (tiga) Bulan. Pada Kamis (29/02/2024) siang penyambutan ini  di hadiri oleh segenap Jajaran Pimpinan, Ketua Senat, Dekan Fakultas, Wakil Dekan, Ketua Program Studi serta para Mahasiswa terpilih.

Dr. sc. Agr. Ir Aiyen, M.Sc. selaku Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dalam momentum penerimaan kembali mahasiswa magang tersebut menyampaikan bahwa mahasiswa magang yang telah kembali banyak mendapatkan pengalaman terbaik selama mengikuti proses kegiatan magang di jerman tersebut.

“Untuk waktu kerja magang anak-anak yang ke jerman ini rata-rata 36 jam perminggu. Ketika mereka kembali banyak yang bercerita banyak mendapatkan selain culture shock, juga mendapatkan pengalaman-pengalaman terbaik di tempat magang mereka masing-masing,”tuturnya.

Menyambung dari sambutan Warek Bidang Kerja Sama Untad, Kamalia salah satu mahasiswa yang mengikuti program magang ferienjob berkesempatan menceritakan pengalaman terbaiknya selama magang di jerman.

“Untuk pengalaman ditempat saya sendiri khususnya perihal kedisiplinan. Jadi, orang-orang jerman itu sangat disiplin waktu. Alat-alat transportasi disana itu benar-benar sesuai jadwal jadi kalau kita tidak mengikuti ketepatan waktu mereka disana maka kita akan kesusahan sendiri. Tidak hanya itu, tingkat kebersihan disana sangat tinggi jadi jarang kita menemukan sampah yang tidak teratur,”jelasnya.

Dikesempatan yang sama rektor untad, Prof. Dr. Ir  Amar., S.T., M.T., IPU., Asean Eng turut menyampaikan harapan dalam sambutannya agar 30 mahasiswa yang baru saja kembali bisa menjadi agent of innovation.

“Bahwa luar biasa ini menjadi kali pertama kita mengirim mahasiswa untuk mengikuti dan mendapat respon yang baik. Jadi selain culture shock yang kalian temukan pastinya banyak pembelajaran yang kalian dapatkan serta sertifikat pengalaman magang. Kami berharap kalian bisa menjadi agent of innovation kepada teman-teman lain agar termotivasi mengikuti kegiatan-kegiatan seperti ini. Selain itu, kami juga berharap alumni-alumni kita bisa mendapatkan pengalaman dan pemahaman kerja magang seperti ini yang nantinya mampu membuka koneksi jaringan kerjasama sebanyak-banyaknya,”harap rektor untad sekaligus menutup rangkaian kegiatan penyambutan tersebut. ST