Dharma Wanita Untad Rayakan Dirgahayu DWP ke 24 Sekaligus Hari Ibu ke 95

  • Post author:

Dalam rangka merayakan Dirgahayu Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke 24 sekaligus Hari Ibu yang ke 95, Dharma Wanita Untad pada Kamis (07/12/2023) pagi melaksanakan acara HUT DWP bersama dengan DWP Sulawesi Tengah bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad.

Dalam sambutannya, Ny. Susanti Amar selaku Ketua Dharma Wanita Persatuan Untad menyampaikan peran DWP serta tujuan berkelanjutan yang akan dilaksanakan oleh DWP Universitas Tadulako.

” Dharma Wanita Persatuan (DWP) sebagai salah satu organisasi masyarakat memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan nasional. Menyadari pentingnya peran perempuan dalam pembangunan, maka pemerintah Indonesia telah mengangkat isu pemberdayaan perempuan dalam bidang pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, pencegahan kekerasan serta kesetaraan gender untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Perempuan mempunyai peran multi dimensi bukan sekedar sebagai pendamping, tetapi merupakan penggerak keluarga dan masyarakat.” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tujuan didirikannya DWP adalah untuk meningkatkan sumberdaya anggota keluarga ASN, saling mendukung dalam membina keluarga, memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan, serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan. Perempuan-perempuan yang bergabung dalam DWP bukan hanya berkumpul dan berorganisasi namun juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih yang penting menjadi agen penggerak perubahan untuk kemaslahatan keluarga, bangsa, dan negara tercinta Indonesia.

“ Peringatan HUT ke-24 DWP kali ini mengusung tema Peran Strategis Perempuan dalam Pembangunan Berkelanjutan. DWP Untad merangkaikannya dengan Peringatan Hari Ibu ke-95. Dengan maksud bahwa peringatan ini bukan hanya mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para perempuan serta para ibu tetapi lebih dari itu, peringatan ini bertujuan mendorong semua pihak untuk memberikan perhatian dan kesempatan bagi perempuan untuk berkontribusi dalam pembangunan. DWP Untad sebagai salah satu unsur pelaksana DWP, memberikan telah ruang bagi anggota khususnya dalam lingkungan Universitas Tadulako agar dapat berkiprah memberikan dampak positif dan siap menghadapi tantangan dalam Pembangunan berkelanjutan. Semua anggota punya kesempatan yang sama untuk berkarya melalui kegiatan beragam sehingga dapat berkontribusi dengan penuh semangat optimisme dalam suasana kekeluargaan. Dapat saya sampaikan bahwa DWP Untad sudah melaksanakan beberapa kegiatan sebagai bukti kesertaan dalam pembangunan seperti peningkatkan pengetahuan dan ketrampilan melalui pendidikan dan Peningkatan Ketahanan Keluarga. Bahkan sebagai komitmen terhadap pencegahan kekerasan, Kami telah melakukan Sosialiasi Permendikbudristek No.30 tahun 21 tentang PPKS atau Pencegahan danPenanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi yang dilanjutkan dengan pelatihan anggota pendamping PPKS yang akan berhimpun dalam DPW Sahabat Kampus.” tambahnya.

Ketua DWP Untad turut menjelaskan bahwa Gerakan DWP sahabat kampus merupakan program dan wadah pembinaan mengaktualisasi peran anggota DWP dalam mewujudkan visi dan misinya.

“ Melalui DWP Untad Sahabat Kampus yang akan dilaunching pada hari ini, diharapkan dapat menguatkan peran pengurus dan anggota DWP dalam membangun sumber daya manusia unggul dan berprestasi, terciptanya kampus merdeka yang aman dari kekerasan seksual dengan kerelawanan anggota DWP bekerja sama bersama seluruh insan kampus Universitas Tadulako. Pada puncak peringatan HUT ke-24 DWP dan Hari Ibu ke-95, perkenankanlah saya mengajak kepada para perempuan untuk sama-sama berpartisipasi terlibat aktif, produktif dan solutif alam pembangunan dengan mengedepankan prinsip keadilan. Mulailah dari keluarga kita, lingkungan masyarakat hingga bangsa dan negara. Terkhusus kepada Saudariku tercinta, Kaum Perempuan, Para Ibu, aktuliasisakan diri masing-masing dalam bidang Pendidikan, Ekonomi Sosial Budaya dan lingkungan. Selain itu, DWP Untad juga tengah mengelola PAUD TK Bungamputi sebagai salah satu program yang turut serta berpartisipasi dalam penyelenggaraan pendidikan dan pembinaan anak usia 3 – 6 tahun. Harapannya segenap keluarga besar Universitas Tadulako dan masyarakat dapat memanfaatkan PAUD TK Bungamputi untuk sekolah putera-puterinya. Menutup sambutan ini, saya haturkan terimakasih banyak dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang senantiasa mendukung DWP Untad, Bapak Rektor, beserta seluruh civitasa cademika Untad, Bank BNI, BSI, BTN, Bank Mega, Bank Muamalat, Direktur PT Triputra Cipta Sejati, PT Rivema Propertindo Raya, dan PT Kencana para sponsor lainnya. Dinas Kesehatan Kota Palu dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, terima kasih atas bantuan Posyandu Kit yang akan digunakan dalam pelayanan Posyandu Bungamputi yang dikelola DWP Untad. DWP Provinsi Sulawesi Tengah, DWP di lingkungan Kemendikbudristek, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tengah, Panitia pelaksana DWP FKM, FK dan RS Tadulako, serta Ibu-Ibu yang telah mewakili DWP Untad mengikuti lomba penyajian menu non beras di DWP Provinsi. Alhamdulillah DWP Untad kembali meraih juara ke-1 untuk kesekiankalinya, sungguh suatu prestasi yang membanggakan,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor menuturkan bahwa DWP memiliki peran yang penting di Universitas Tadulako.

“ Selaku Rektor, saya memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan Dharma Wanita Untad pada hari ini. Peran dharma Wanita memiliki peran yang sangat penting bagi Untad. Selamat juga kepada Dharma Wanita Untad yang memenangkan juara pertama. Dharma Wanita memiliki tujuan untuk tempat berhimpun, belajar, mengembangkan diri dan memberi kontribusi bagi keluarga dan masyarakat. Usia 24 tahun merupakan tahapan yang menandakan DWP yang penuh energi dan hari ibu ke 95 yang semakin memberikan nilai utama bagi para dharma wanita. Kedepannya kami akan selalu mendukung kegiatan DWP Universitas Tadulako,” ujar Rektor.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan peluncuran DWP Untad Sahabat Kampus, Pemotongan Tumpeng serta  dengan penyerahan hadiah dan sesi foto bersama. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi talkshow yang menghadirkan dr. Budi Dharmono dan Psikolog Mariem Monepa, M.Psi sebagai narasumber. AA