Pacu Program One Kliks, Untad Sosialisasikan SINDE (Sistem Informasi Naskah Dinas Elektronik) ke Civitas Akademika & Tendik

  • Post author:

Pada Jumat (06/10/2023) pagi, segenap Civitas Akademika & Tenaga Kependididikan dilingkungan Universitas Tadulako mengikuti workshop “ Aplikasi SINDE (Sistem Informasi Naskah Dinas Elektronik)” bertempat di Aula LPPM Untad.

Dalam sambutannya, Rektor yang diwakili  Dr. M. Rusydi H, M.Si selaku Wakil Rektor bidang Keuangan dan Umum menuturkan agar pemanfaatan aplikasi SINDE dapat dilaksanakan sesuai dengan visi One Kliks dilingkungan Untad.

“Dengan adanya SINDE (Sistem Informasi Naskah Dinas Elektronik), aktivitas penggunaan kertas dapat lebih diminimalisir karena aktivitas administrasi dll dapat dilakukan secara elektronik. Penganggaran nantinya tidak lagi banyak dianggarkan untuk membeli kertas dll tapi menyesuaikan dengan media elektronik. Semoga momen ini akan menambah pengetahuan kita untuk bisa lebih efisien dalam mengefektifkan media elektronik yang sesuai dengan program One Klik di Universitas Tadulako,” ujar Dr. Rusydi.

Pada kesempatan tersebut, Dr. Anita Ahmad Kasim, S.Kom.,M.Cs selaku Kepala UPA. TIK (Teknologi Informasi & Komunikasi) Universitas Tadulako dalam materinya menjelaskan bahwa Persuratan Elektronik (SINDE) telah diatur dalam beberapa peraturan salah satunya PERMENDIKBUDRISTEK RI No 20 Tahun 2022 terkait Penyelenggaraan Kearsipan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi.

“ SINDE merupakan salah satu program reformasi birokrasi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terkait penguatan ketatalaksanaan.  Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi yang aman dan andal, penguatan ketatalaksanaan diharapkan dapat mendukung terciptanya layanan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel. Salah satu sasaran penguatan ketatalaksanaan adalah layanan persuratan,” papar Dr. Anita.

Selain itu, ia turut menambahkan bahwa program SINDE akan diimplementasikan pada beberapa hal diantaranya ;

  • Penyesuaian pengguna sesuai OTK
  • Struktur Unit sesuai OTK
  • Tanda Tangan Elektonik
  • Daftar Operator, Sekretaris dan Verifikator di setiap unit.

Materi selengkapnya dapat dilihat dibawah ini >>