Rektor & Civitas Akademika Untad Peringati Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023

  • Post author:

Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Rektor bersama sivitas akademika Universitas Tadulako (Untad) melaksanakan upacara bendera pada Minggu (1/10/2023) bertempat di lapangan upacara Untad. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 ini mengangkat tema “Pancasila Pemersatu Bangsa, Menuju Indonesia Maju”.

Rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT usai pelaksanaan upacara mengatakan, momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini menjadi momen untuk mengubah mental kita untuk memaknai dan menjadikan ini sebagai momentum bagi kita untuk turut andil dalam mempersatukan bangsa dan negara.

“ Tadi kita sudah memberikan ikrar , artinya kita memaknai Hari Kesaktian Pancasila ini sebagai momentum untuk bersatu, bagaimana kita memaknainya dalam berbangsa dan bernegara”

Lanjut Prof. Amar, untuk menumbuhkan dan memperkuat lagi nilai-nilai Pancasila kepada mahasiswa, pada Oktober atau November nanti, akan dilakukan penguatan kepada mahasiswa, lewat Pendidikan Bela Negara. Pendidikan Bela Negara ini merupakan satu perwujudan untuk memberikan nilai-nilai yang baik kepada mahasiswa kita, khususnya mahasiswa baru, terutama pemahaman terhadap nilai-nilai dasar Pancasila dan Undang-undang Dasar (UUD) 1945.


“Di Untad, kami menanamkan kepercayaan dan siafat kepancaliaan kepada mahsiswa yaitu dengan meberi penguatan dan pendidikan Bela Negara nsya Allah Oktober atau November ini kita akan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan juga beberapa instansi yang terkait dalam kegiatan pelaksanaan pendidikan bela negara tersebut,” ujarnya. RFS