Ikut Ferienjob 2023, Untad Lepas Mahasiswanya Magang Ke Jerman

  • Post author:

Sebanyak 30 mahasiswa Universitas Tadulako berhasil lolos untuk mengikuti program Ferienjob atau magang berbayar di berbagai perusahaan di Jerman. Ke- 30 mahasiswa tersebut berasal dari 6 Fakultas yakni Fakultas  Ekonomi dan Bisnis , Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dam Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan serta Fakultas Teknik. Kegiatan pelepasan mahasiswa Ferienjob ini digelar pada Jumat (22/09) bertempat di ruang rektor Untad dan di hadiri oleh segenap jajaran pimpinan, Ketua Senat, Dekan fakultas, wakil dekan, ketua program studi serta para mahasiswa terpilih.

Dalam sambutannya, rektor Untad, Prof. Dr. Ir. Amar . S.T, M.T, IPU., ASEAN Eng mengatakan bahwa pihaknya menyampaikan rasa bangganya atas terpilihnya  mahasiswa Untad dalam program magang ke luar negeri. Menurut Prof Amar,kesempatan tersebut merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kapasitas para mahasiswa.

“Pertama saya mengucapkan selamat atas terpilihnya dalam program Ferienjob. Untuk pertama kalinya mahasiswa Untad berhasil mengikuti program magang ke luar negeri. Hal ini tentunya merupakan tonggak sejarah bagi Untad. Olehnya itu saya sangat bangga kepada kalian semua. Kesempatan ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi mahasiswa kita dan harus digunakan dengan sebaik-baiknya untuk menimba ilmu, menimba pengalaman dan meningkatkan skill serta kapasitas” kata Prof Amar.

Rektor mengatakan bahwa kesempatan  mahasiswa untuk bekerja di luar negeri, terutama di benua Eropa adalah pengalaman yang belum tentu didapatkan oleh mahasiswa lain, bahkan universitas lain di Indonesia. Olehnya itu Prof Amar berpesan bagi mahasiswa terpilih agar mereka mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang tentunya berbeda dengan Indonesia.

“Kedisiplinan di Eropa itu sangat tinggi. Olehnya itu kalian harus mampu beradaptasi dengan dunia kerja di sana. Pesan saya, jadilah pribadi yang baik, jaga attitude, dalam pergaulan, yang paling penting percaya diri dan timbalah ilmu sebanyak-banyaknya” pesan rektor

Dalam kesempatan tersebut, Prof Amar memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Wakil Rektor Bidang Kerja Sama,  Dr. sc. Agr. Ir Aiyen, M.Sc. atas terjalinnya kerja sama dengan pihak luar negeri yang tentunya sangat mendukung keberhasilan Indeks Kinerja Utama (IKU) perguruan tinggi dan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) Kemendikbudristek.

“Selaku rektor saya sangat mengapresiasi dan menyambut hangat atas upaya yang telah dilakukan oleh wakil rektor bidang Kerjasama hingga terlaksananya program ini, juga kepada para dekan dan Ketua Prodi yang telah membina anak-anak kita hingga dapat terpilih untuk magang keluar negeri”  kata Rektor.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama,  Dr. sc. Agr. Ir Aiyen, M.Sc. dalam kesempatan tersebut menyampaikan  bahwa mahasiswa yang terpilih dalam program ini telah melalui serangkaian seleksi dan merupakan mahasiswa yang memiliki profil yang cemerlang.

“ 30 mahasiswa yang terpilih ini terpilih dari 100 lebih pendaftar.  Mereka adalah mahasiswa yang memiliki kedisipilinan, sesuai dengan profil mahasiswa masa kini yang berani menerima tantangan dan mampu bersaing” kata Dr Aiyen.

Rencananya ke 30 mahasiswa Untad ini akan melaksanakan program magang di beberapa perusahaan besar di Jerman selama tiga bulan. Adapun pemberangkatannya akan dibagi  dalam dua kloter yaitu keberangkatan tanggal 1 Oktober 2023 sebanyak 17 mahasiswa dan keberangkatan tanggal 3 Oktober sebanyak 13 mahasiswa.