Untad Gelar Workshop Peningkatan Manajemen Kapasitas Penelitian Internasional CRC 990-Efforts

  • Post author:

Bertempat di Convention Hall Swissbell Hotel Palu, Universitas Tadulako (Untad) selama 14-15 September 2023 menjadi tuan rumah pelaksanaan workshop yang mengambil tema “Building International Research Capacity Management Beyond 12 Years of CRC 990-EFForTS”, yang diikuti Wakil Rektro Pengembangan dan Kerjasama dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Amar, ST., MT., IPU., ASEAN Eng selaku Rektor dalam sambutannya menuturkan bahwa dari perjalanan CRC 990-EFForTS selama satu dekade terakhir telah memiliki banyak pengalaman berharga yang didapatkan. Harapannya workshop ini dapat mengeksplorasi strategi manajemen kapasitas SDM yang efektif untuk masa depan dengan jangkauan yang lebih luas serta berkelanjutan.

CRC 990-EFForTS Project merupakan kerja sama penelitian jangka panjang antara Universitas Jambi (UNJA), Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Universitas Tadulako (Untad) dan University of Goettingen Jerman.

Kerja sama ini diimplementasikan dalam bentuk konsorsium proyek penelitian Collaborative Research Centre (CRC) 990 (EFForTS). Tema utama proyek penelitian tersebut yaitu Socioeconomic Functions of Tropical Lowland Rainforest Transformation System. Kerja sama penelitian yang telah berlangsung sejak tahun 2012 dan direncanakan berakhir pada tahun 2023 ini, dibiayai oleh DFG (Deutche Forschungsgemeinschaft).

Proyek kerja sama CRC 990-EFForTS telah menghasilkan output yang signifikan selama lima tahun berturut-turut, dengan mendapatkan penghargaan sebagai kerja sama penelitian internasional terbaik di Indonesia oleh Kemendikbud Ristek. Selain itu, proyek kerjasama ini telah menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal internasional bereputasi sebanyak 246 jurnal serta telah meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui program pendidikan S2 dan S3.

Workshop ini menghadirkan sejumlah pembicara, yakni Plt. Dirjen Dikti ristek, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC., Ph.D, Wakil Rektor Untad bidang Pengembangan dan Kerja Sama yang juga Koordinator CRC 990-EFForTS, Dr.sc.agr. Ir. Aiyen Tjoa, M.Sc, Deputi Fasilitasi Riset dan Inovasi BRIN, Prof. Dr. Agus Haryono, Direktur Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dikti ristek, Prof. Dr. Ir. M. Faiz Syuaib, M.Agr, Wakil Rektor IPB University, Prof. Dr. Ir. Iskandar Z. Siregar., IPU., ASEAN Eng, serta Ketua Forum Wakil Rektor bidang Kerja Sama, Prof. Dr. dr. Muhammad Miftahussurur, M.Kes., Sp.PD-KGEH., Ph.D. Momen selengkapnya di link berikut. AA