Untad Gelar Pelatihan iThenticate Dan Webinar Cegah Plagiat

  • Post author:

Bertempat di Aula FMIPA Untad, acara Pelatihan iThenticate dan Webinar Cegah Plagiat digelar pada Rabu (06/12/2022) pagi yang diikuti dua perwakilan setiap fakultas dan Pascasarjana Untad.

Dalam laporannya, Dr. Anita Ahmad Kasim selaku Ketua Panitia pelatihan menuturkan maksud dan tujuan penyelenggaraan pelatihan kali ini.

“Kegiatan pelatihan kali ini di gelar untuk meningkatkan kualitas publikasi dosen Untad serta untuk mencegah plagiarisme. Peserta berasal dari perwakilan fakultas dan pascasarjana. Dalam kesempatan ini saya turut mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan bagi para peserta, harapannya dapat menjadi tutor di unit nya masing-masing untuk menfasilitasi khususnya dalam pengecekan plagiarsime publikasi yang dibuat oleh para akademisi di Untad. Sehingga kedepan para dosen dapat meningkatkan kualitas publikasi nya.” Papar Dr. Anita Ahmad.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor mengapresiasi dengan dilaksanakannya pelatihan untuk menunjang SDM yg ada di Untad untuk pengaplikasian iThenticate di sistem Untad.

“ Sesuai dengan peraturan kemendikbudristek bahwa setiap unit di fakultas dan pasca diharapkan mampu mengoperasikan dan melayani dosen yang akan mempublikasikan artikelnya. Pihak kampus akan menfasilitasi agar setiap fakultas memiliki SDM yang dapat mengelola software iThenticate. Oleh karenanya, Saya sangat mengapresiasi atas pelaksanaan pelatihan ini karena narasumber nantinya akan melatih dan mentrasfer ilmunya kepada setiap perwakilan unit di fakultas dan pascasarjana untuk pemanfaatan iThenticate kedepan.” Ujar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Trainer asal Turnitin Indonesia, Muh David Lung selaku Senior Professional & Education Service Consultant terkait plagiarisme dll. AA