MBKM Untad Luncurkan Sistem Informasi Terpadu MBKM & Pelayanan Akademik Untad

  • Post author:

Bertempat di Aula FMIPA Untad, MBKM Untad pada Senin (21/11/2022) pagi meluncurkan SITAMPAN (Sistem Informasi Terpadu MBKM & Pelayanan Akademik Untad) yang dihadiri oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua LPPM dan LPPMP, Kepala UPT.TIK serta Para Dekan.

Dr. Anang WM Diah, M.Si.,Ph.D selaku Koordinator Task Force MBKM menuturkan maksud dan tujuan di rilisnya SITAMPAN.

“ Sistem ini merupakan bagian dari hibah PKKM yang didapatkan untuk peningkatan tata kelola kampus yang bisa di akses terkait jumlah mahasiswa yang telah mengikuti program MBKM. Tahun 2022 kita mendapatkan hibah ini yang sangat bermanfaat untuk kita sehingga perlu untuk mempercepat pelaksanaan MBKM Mandiri di Untad. Pencapaian MBKM Untad bahkan sempat menjadi salah satu sample contoh yang di gunakan Mendikbudristek saat presentasi terkait progress MBKM Nasional, Untad tergolong memiliki banyak pencapaian yang masif.” Papar Dr. Anang.

SITAMPAN atau Sistem Informasi Terpadu MBKM & Pelayanan Akademik Untad merupakan aplikasi dengan sistem yang berfungsi sebagai aktivitas dan menyimpan data kegiatan Mahasiswa, Dosen, Program Studi, Unit Merdeka Belaja dan Mitra DUDI dalam rangka MBKM di Untad.

SITAMPAN bertujuan sebagai ;

  1. Pusat penyimpanan data dan Informasi MBKM Untad
  2. Media Interaksi antara Mahasiswa, dosen pembimbing dan Mitra dalam proses pelaksanaan MBKM
  3. Penyedia Informasi secara real tim terkait aktivitas mahasiswa di luar program studi

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor mengapresiasi kinerja MBKM Untad serta mengharapkan agar SITAMPAN dapat mengoptimalkan sistem yang ada di Untad.

“ Rekam jejak MBKM di Untad merupakan hal yang sangat membanggakan karena keberhasilan MBKM Untad bahkan muncul saat dipresentasikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI dan masuk sebagai indikator keberhasilan program karena manfaat yang dirasakan langsung oleh mahasiswa. Selaku Rektor, Saya mengapresiasi Dr. Anang yang telah mengkoordinir MBKM di Untad selama ini dan harapannya SITAMPAN benar-benar membantu memaksimalkan kinerja sistem kita di Untad.” Ujar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan peluncuran SITAMPAN oleh Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik serta Koordinator MBKM Untad kemudian ditutup dengan penyerahan laptop bagi ketua unit MBKM Untad dan foto bersama. AA