Fakultas Kedokteran Untad Gelar Pengambilan Sumpah Kepada 14 Dokter Muda Angkatan Ke – 31

  • Post author:

Sebanyak 14 Dokter Muda lulusan Fakultas Kedokteran Untad pada Kamis (12/08/2022) Pagi melaksanakan Pengambilan Sumpah bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad.

Dalam penyampaiannya, dr. Diany Nurdin, Sp.KK mewakili Ketua Komdordik Untad menyampaikan bahwa perjalanan sebagai dokter muda tak berakhir pada saat ini sehingga penting untuk terus menambah skill serta pengalaman kedepannya.

“ Hari ini para dokter muda akan diambil sumpahnya yang telah mengenyam pendidikan kedokteran di Untad kurang lebih selama 4 tahun. Perjuangan anda tidak berhenti sampai disini saja karena perlu melakukan kepanitraan klinik (berorientasi pada hospital & community based) di RS Pendidikan & Satelit lainnya selama 2 tahun. Karena kalian akan bertemu dengan pasien yang sesungguhnya, harapannya gunakan kesempatan itu untuk memperdalam keilmuan agar sesuai standar kompetensi dokter Indonesia.” Ujar dr. Diany.

Dikesempatan yang sama, Dr. dr. Moh Ardi Munir, M.Kes.,Sp.Ot.,FICS.,MH selaku Dekan Fakultas Kedokteran Untad menekankan pentingnya tanggung jawab dalam mengemban peran sebagai dokter muda dengan terus belajar.

“ Selaku dekan saya ingin menyampaikan terkait perkembangan Fakultas Kedokteran Untad yang telah melahirkan 951 lulusan sejak tahun 2008. Untuk lulusan profesi dokter sudah mencapai 600 orang dan hampir seluruhnya mengabdi di seluruh kabupaten di Sulawesi Tengah dan tersebar di berbagai pulau di Indonesia. Selain itu, Lulusan kita sudah cukup membanggakan karena mampu melanjutkan pendidikannya di Universitas ternama di Indonesia. Teruntuk 14 dokter muda, usai melewati fase S1 kedokteran, anda harus terus belajar karena profesi dokter merupakan profesi yang cukup berat tanggung jawabnya di tengah masyarakat. Olehnya, lakukan yang terbaik dan jaga nama baik almamater anda dengan tanggung jawab penuh dan terus tingkatkan skill anda.” Ucap dr. Ardi Munir.

Dikesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor menyampaikan selamat atas pencapaian 14 dokter muda yang telah menyelesaikan perkuliahannya di FK Untad.

“ Setelah melewati perjuangan perkuliahan di Fakultas Kedokteran, akhirnya 14 dokter muda telah diambil sumpahnya pada hari ini. Saya mengapersiasi kinerja Fakultas Kedokteran Untad mengingat hampir 95% mahasiswa angkatan 2018 telah menyelesaikan program prekliniknya yang berarti proses dan input serta output FK Untad mampu menjalankan fungsi akademiknya dengan maksimal. Selain itu, selaku Rektor saya mengharapkan Dekan FK agar dapat membuka program studi spesialis kedokteran sehingga mahasiswa yg telah lolos KOAS dapat melanjutkan studi spealisnya di Untad mengingat telah terjalin surat keputusan bersama antara Kemendikbudristekdikti dengan Kemenkes. Tak lupa, saya ucapkan selamat atas pencapaian 14 dokter muda yang telah diambil sumpahnya pada hari ini.” Ujar Prof. Mahfudz. AA