Tingkatkan Kompetensi Dosen, LPPMP Selenggarakan Pekerti

Tingkatkan Kompetensi Dosen, LPPMP Selenggarakan Pekerti
Photo Credit To Prof Mery Napitupulu (tengah) saat membuka kegiatan Pekerti Tahap I Tahun 2017 (Foto Taqyuddin Bakri)

Pelatihan Peningkatan Keterampilan dan Teknik Dasar Instruksional (Pekerti) Tahap I Tahun 2017 dibuka oleh Wakil Rektor (Warek) Bidang Pengembangan dan Kerjasama (Bangjas) Universitas Tadulako (Untad), Prof Dra Mery Napitupulu MSc PhD.  Pembukaan yang berlangsung pada 27 Februari sampai dengan 4 Maret 2017 itu diselenggarakan di Aula Lantai I, Gedung IT Center Untad, pada Senin (27/2).

Pekerti Tahap I Tahun 2017 (Foto Taqyuddin Bakri)

 

Pelatihan itu, jelas Prof Mery Napitupulu dalam sambutannya, merupakan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi dosen, khususnya dalam hal keterampilan dan teknik mengajar. Keterampilan itu, ujar Warek Bangjas, penting dipahami dan dikuasai oleh dosen dalam proses transfer pengetahuan kepada mahasiswa.

“Ini salah satu instrumen untuk peningkatan kualitas keterampilan. Banyak cara lain yang dapat pula dilakukan oleh para dosen. Namun, dengan melalui pelatihan ini, ada panduan dan prosedur yang disampaikan oleh instruktur untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Untuk itu, diharapkan peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik,” kata Prof Mery Napitupulu yang juga merupakan salah satu instruktur Pekerti.

Dr Rosmala Nur MSi, Ketua Panitia Pekerti mengemukakan bahwa kegiatan selama enam hari itu diikuti oleh 50 orang dosen. Awalnya, target kegiatan itu berjumlah 40 orang peserta, tetapi antusiasme peserta untuk mengikuti Pekerti membuat kegiatan itu diikuti oleh 50 peserta.

“Peserta kegiatan ini adalah dosen Untad. Satu peserta kegiatan ini merupakan utusan dari Universitas Musamus, Merauke. Selaku panitia, kami berharap peserta dapat mengikuti seluruh tahapan kegiatan ini. Pada akhir kegiatan atau pada Sabtu nanti, peserta akan berpraktik mengajar di hadapan instruktur dan rekan sejawatnya,” jelas Dr Rosmala.

Dalam pembukaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Peningkatan Mutu dan Proses Pembelajaran (Pusbang-PMPP) Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan itu, turut hadir Ketua LPPMP (LPPMP), Dr Golar MSi; Sekretaris LPPMP, Dr Amiruddin Kade MSi; dan para koordinator dan sekretaris pusat dalam lingkungan LPPMP Untad. (tq)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: No Right Klik and Copy!!