Desember 11, 2016

Staf Khusus Menristekdikti Beri Kuliah Umum di Untad

Staf Khusus Menristekdikti Beri Kuliah Umum di Untad
Photo Credit To Dr KH Abdul Wahid Maktub, Staf Khusus Menristekdikti saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Tadulako (Foto Taqyuddin Bakri)

Staf Khusus Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Dr KH Abdul Wahid Maktub menyampaikan kuliah umum di Universitas Tadulako (Untad), pada Kamis (10/11). Dalam kuliah umum yang dilaksanakan di Conference Room, Gedung IT Center Untad itu, Dr Abdul Wahid memberikan materi dengan topik “Membangun SDM Bermutu dan Handal di Era Kompetisi Global”.

Dr KH Abdul Wahid Maktub, saat menerima cinderamata dari Rektor Untad, Prof Dr Ir Muh Basir Cyio SE MS (Foto Taqyuddin Bakri)

Dr KH Abdul Wahid Maktub, saat menerima cinderamata dari Rektor Untad, Prof Dr Ir Muh Basir Cyio SE MS (Foto Taqyuddin Bakri)

 

Dr Abdul Wahid menyampaikan bahwa kompetisi global merupakan hal yang tidak dapat lagi dihindari saat ini. Apalagi, sejak MEA resmi diberlakukan pada akhir 2015 lalu. Kondisi ini, tentu harus disikapi dengan bijak, terutama bagi kalangan perguruan tinggi dalam mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dan handal.

“SDM yang bermutu dan handal ini pasti akan dapat bersaing dengan SDM dari negara lain. Tidak hanya itu, SDM bermutu dan handal juga akan menunjukkan inovasi dan prestasi dalam setiap karyanya,” ujar Konjen RI di Jeddah pada 2001-2002 ini.

Dr KH Abdul Wahid Maktub saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Tadulako (Foto Taqyuddin Bakri)

Dr KH Abdul Wahid Maktub saat menyampaikan kuliah umum di Universitas Tadulako (Foto Taqyuddin Bakri)

 

Dr Abdul Wahid juga menjelaskan, penyiapan SDM yang bermutu dan handal itu tidak hanya menjadi tanggungjawab perguruan tinggi semata, tetapi harus menajdi tanggungjawab semua pihak, terutama kemauan dari setiap mahasiswa. Kemauan yang dimaksud adalah kemauan untuk meningkatkan kualitas diri sehingga dapat beradaptasi dengan era kompetisi global saat ini.

“Utamanya harus bijak memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Jika dalam bidang teknologi, kita belum mampu membuat, maka kita harus menjadi pemakai yang bijak, serta memanfaatkannya dengan benar dan tepat. Dengan begini, sambil secara perlahan kita meningkatkan kualitas SDM, dinamika perkembangan itu dapat terus diikuti,” pesan Mantan Duta Besar RI untuk Qatar itu.

Sebelumnya, Rektor Untad, Prof Dr Ir H Muh Basir Cyio SE MS, mengungkapkan bahwa kedatangan Staf Khusus Kemenristekdikti, Dr KH Abdul Wahid Maktub merupakan kebanggaan tersendiri bagi Untad. Dengan kedatangan sekaligus pemberian kuliah umum ini, sivitas akademika Untad, terutama mahasiswa bisa mendapatkan tambahan pengetahuan yang dapat berguna kelak.

“Apalagi, Beliau ini merupakan sosok yang berpengalaman. Insya Allah kehadiran Bapak Dr KH Abdul Wahid Maktub ini membawa kesan mendalam bagi Untad,” jelas Prof Basir Cyio.

Dalam kesempatan itu, turut hadir para wakil rektor, Ketua Dewan Pertimbangan Untad, Direktur dan Wakil Direktur Program Pascasarjana, para dekan dan wakil dekan fakultas, para dosen, serta kurang lebih 200 orang mahasiswa Untad. (tq)

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *