Desember 07, 2016

Shalat Idul Fitri 1437 H Civitas Akademika Untad Berlangsung Khidmat

Shalat Idul Fitri 1437 H Civitas Akademika Untad Berlangsung Khidmat

Gema takbir, tahlil dan tahmid berkumandang di area lapangan Islamic Center, Rabu lalu (6/7). Perayaan hari kemenangan pagi itu setelah sebulan penuh berpuasa, tidak dilewatkan begitu saja oleh segenap keluarga besar Universitas Tadulako (Untad).

Sebelum shalat, seluruh jama’ah Shalat Id yang hadir, larut dalam lantunan takbir, tahlil dan tahmid yang dipimpin oleh Ketua Senat Untad, Prof H Hasan Basri MA PhD dan diserukan secara bersama-sama oleh jama’ahdengan kompak. Pelaksanaan Shalat Idul Fitri kali ini dipimpin Ustad Ilham berlangsung khidmat dan penuh haru.

Rektor Untad Prof Dr Ir Muhammad Basir SE MS yang juga turut melaksanakan Shalat Idul Fitri bersama seluruh staf, dosen, dan seluruh civitas Untad, merasa tersentuh dengan khutbah Idul Fitri yang disampaikan Dr H Lukman S Tahir MA.

Khutbah yang mengangkat tema “Efek Taqwa dari Madrasah Ramadhan”, menjelaskan tentang tiga efek dan keutamaan taqwa dalam kehidupan manusia. PERTAMA, taqwa memberi efek dalam kepribadian seorang muslim. KEDUA, Taqwa memberi efek termanifestasi dalam kehidupan keluarga, dan yang KETIGA, Taqwa termanifestasi dalam kehidupan bangsa dan negara.

“Taqwa adalah pakaian terbaik bagi diri kita. Kadang kita sedih ketika baju kesayangan kita ternyata rusak oleh mesin cuci. Jika yang rusak itu adalah pakaian biasa mungkin yang keluar hanyalah secuil kekesalan. Persoalannya pakaian tersebut adalah yang terbaik dan termahal. Itulah hakikat pakaian, setiap kita memiliki satu yang terbaik dan termahal di antara terbaiknya. Allah menyediakan satu pakian terbaik untuk mereka, yaitu Taqwa,” jelasnya.

Dr Lukman juga menyampaikan arti penting sebuah amanah dan betapa berartinya sebuah pengorbanan. “Bukan karena jabatan kita menjadi mulia. Bukan juga karena ilmu kita menjadi mulia. Bukan juga karena kecantikan, harta, atau karena gelar. Semua hanyalah citra yang melekat pada diri yang sesungguhnya merepotkan pemiliknya,” ujarnya dari atas mimbar di hadapan ratusan jama’ah shalat id.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *