Desember 03, 2016

Rapat Koordinasi Teknis Layanan Teknologi Informasi

Untuk meningkatkan Tata Kelola Layanan Teknologi Informasi dan Komunikasi khususnya pada Pengelolaan Informasi dan Teknologi di tingkat fakultas, serta unit kerja dalam lingkungan Universitas Tadulako, pada hari Rabu (26/02) Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT. TIK) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Layanan Teknologi Informasi.

Rakor tersebut menghadirkan pembicara Prof. Ir. Joko Lianto Buliali, M.Sc.,Ph.D. dan dilaksanakan di Ruang Video Conference UPT. TIK Universitas Tadulako. Pada kegiatan tersebut dibahas mengenai beberapa aspek penting dalam usaha peningkatan tata kelola IT bagi pengelola baik ditingkat universitas, fakultas dan unit kerja lainnya.

Prof. Joko yang merupakan salah satu Guru Besar pada Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) menyampaikan “betapa disadari bahwa TIK sangat penting bagi Untad untuk memberikan pelayanan kepada semua stakeholder, sekaligus menjadikan TIK sebagai alat untuk membesarkan Untad, direkomendasikan juga penataan semaksimalnya agar SDM pengelola TIK memiliki kompetensi dibidang TIK”.

Guru besar yang meraih gelar doktornya dari Victoria University of Manchester (Inggris) ini juga menambahkan perlu adanya tupoksi masing-masing staf TIK yang jelas, training khusus mengenai TIK (jaringan dan keamanan komputer) seperti sertifikasi CISCO,  kemudahan akses hotspot untuk mahasiswa dan dosen agar cukup dengan username dan password unique di seluruh Untad dan tidak lagi dengan menggunakan username dan password pada masing-masing hotspot.

Pada akhir kegiatan, salah satu peserta rakor menyarankan agar dipertimbangkan kebijakan pemblokiran situs-situs yang tidak layak diakses pengguna di lingkungan Untad, secara pembatasan akses jaringan sosial pada jam-jam tertentu. YL

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *