Desember 11, 2016

Pembukaan Ormik Mahasiswa Baru Tahun 2014 dan EXPO UNTAD

Setiap tahun ajaran baru sudah menjadi suatu kewajiban bagi suatu Perguruan Tinggi untuk mengenalkan Universitasnya kepada seluruh Mahasiswa Baru. Hal tersebut pun berlaku bagi Universitas Tadulako, maka diselenggarakanlah Orientasi Akademik Mahasiswa Baru Tahun 2014 Universitas Tadulako. Yang bertujuan agar mahasiswa dapat mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku didalamnya. Kemudian guna menambah wawasan mahasiswa baru untuk dapat menggunakan sarana akademik yang tersedia di perguruan tinggi dan mempersiapkan mahasiswa baru agar mampu belajar di perguruan tinggi serta memenuhi dan melaksanakan norma yang berlaku khususnya berkaitan dengan kode etik dan tata tertib mahasiswa. Serta untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru mengenai tanggung jawab akademik dan sosial yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tema untuk Ormik kali ini yakni, “Dengan ORMIK 2014 Kita Wujudkan Insan Cerdas, Kreatif Dan Mandiri.” Diselenggarakan dengan metode sistem GUGUS, dimana jumlah Gugus disesuaikan dengan jumlah Fakultas di Universitas Tadulako, yakni 10 Gugus. Mahasiswa Baru peserta Ormik akan diberikan materi dari 150 Orang Pemateri tingkat Universitas. Dengan materi berupa :

1. Peran dan status Mahasiswa serta karakter dunia Mahasiwa,

2. Tata krama pergaulan Mahasiswa di kampus,

3. Ketadulakoan / Jati diri Mahasiswa Tadulako,

4. Belajar efektif di Perguruan Tinggi, dan

5. Entrepreneurship.

Pelaksanaan Ormik akan berlangsung selama 4 hari (25-28/08/14) yang diikuti oleh Mahasiswa Baru Untad sebanyak 6.803 Orang dari 10 Fakultas. Ormik Tahun 2014 dan dibuka langsung oleh Rektor Universitas Tadulako Bapak Prof. Dr. Ir. Muhammad Basir, SE. M.S.Dalam Sambutannya  Rektor Universitas Tadulako menyampaikan, “Berdasarkan data yang ada, Ananda semua berasal dari 33 Provinsi. Kalian semua  bersaudara setelah berketetapan hati menjadi Mahasiswa Universitas Tadulako, artinya Ananda sudah berkomitmen untuk membangun kebersamaan sebagai Mahasiswa dan sebagai keluarga besar Universitas Tadulako.”

Beliau juga menambahkan “tahun ini ada berita yang menggembirakan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2012 Tertanggal 9 Juni Tahun 2014 yang diUndangkan sejak Tanggal 12 Juni Tahun 2014 masa studi di Universitas Tadulako, Alhamdulillah maksimal 5 tahun. PERMENDIKBUD ini berlaku untuk semua, bukan hanya angkatan 2014 oleh karena itu dalam waktu singkat kita akan sosialisasikan bagaimana menghadapi PERMENDIKBUD ini agar anak-anakku semua melalui Presiden Mahasiswa dan Majelis Mahasiswa kita akan ajak mensosialisasikan peraturan baru ini.”

Rektor juga menghimbau dan berharap agar kelak Mahasiswa Untad dapat menyelesaikan masa Studinya minimal tiga setengah tahun. Serta berharap tidak akan ada lagi tawuran antar sesama saudara, keluarga besar Universitas Tadulako.

Dalam pembukaan Ormik Mahasiswa Baru Tahun 2014 yang berlangsung di halaman Upacara Untad, Rektor Untad dengan resmi pula membuka EXPO UNTAD yang merupakan Pekan Akademik dari Civitas Academika UNTAD, yang juga berlangsung selama 4 hari (25-28/08/14).

Expo Untad tersebut merupakan serangkaian kegiatan dari  Dies Natalis ke 33 Universitas Tadulako yang bertujuan membangun kebersamaan Keluarga Besar Untad. Selain itu sebagai refleksi memberikan pertanggungkjawaban kepada publik tentang apa saja yang telah Untad lakukan selama setahun belakangan.

Pekan Akademik ini juga akan diisi dengan berbagai kegiatan lomba. Antara lain lomba olahraga, kesenian, kebersihan lingkungan dan eksibisi Expo Untad. YL 

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *