HANYA DUA PTN YANG MASUK 50 BESAR DI KAWASAN TIMUR INDONESIA

Naik Tujuh Posisi, Untad Raih Peringkat ke- 43 dalam 4icu.org

Universitas Tadulako

Universitas Tadulako

 

Setelah pada Januari 2016 lalu berada di peringkat ke-50, Universitas Tadulako (Untad) kembali diakui eksistensinya oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi, 4International Colleges & Universities atau 4ICU. Dalam rilis periode Januari-Juni yang dirilis Juli 2016 ini, peringkat Untad naik tujuh tingkat ke posisi 43. Hasil itu terlihat langsung dalam tampilan laman 4icu.org yang baru dirilis.

Berada di posisi 43 merupakan kebanggaan tersendiri bagi keluarga besar Untad, termasuk para alumninya. Hal ini membuktikan bahwa Untad telah diakui sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Apalagi, Untad dalam pantauan 4icu.org terus mengalami tren kenaikan. Setelah sebelumnya, pada 2013, Untad masih berada di posisi 116, kemudian naik ke peringkat 94 pada 2014, dan naik drastis ke peringkat 50 pada periode Juli-Desember 2015 yang dirilis Januari 2016. Kini, peringkat itu bergerak naik ke posisi 43, dan meninggalkan semua PTN di Kawasan Timur Indonesia, khususunya PTN yang ada di Pulau Kalimantan, Sulawesi kecuali Unhas (25), Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Cita-cita Untad sebagai perguruan tinggi terbaik di Kawasan Timur Indonesia, saat ini mulai bahkan sudah menampakkan hasilnya. Dalam rilis 4icu.org, hanya dua perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta di Kawasan Timur Indonesia yang berada dalam posisi 50 besar, yaitu Universitas Hasanuddin (25) dan Universitas Tadulako (43). Dalam rilis 4ICU yang menyurvei 411 perguruan tinggi se-Indonesia, peringkat Untad berada di atas Universitas Sam Ratulangi (54), Universitas Pendidikan Ganesha (60), Universitas Negeri Gorontalo (70), Universitas Mulawarman (75), Universitas Nusa Cendana (89), Universitas Negeri Makassar (92), Universitas Haluoleo (102), Universitas Lambung Mangkurat (111), Universitas Mataram (115), Universitas Pattimura (120), Universitas Negeri Papua (135), Universitas Negeri Manado (142), dan Universitas Cenderawasih (219).

Hasil ini tentu saja merupakan buah dari kebersamaan yang terus terbangun dalam lingkungan Universitas Tadulako. Rektor Untad, Prof Dr Ir Muhammad Basir Cyio SE MS, ketika dihubungi, mengaku belum melihat rilis peringkat terbaru tersebut yang dikeluarkan 4icu.org periode Januari-Juni 2016. “Alhamdulillah kalau ada perubahan. Ini  sebagai buah kebersamaan, bukan karena rektor,” tandas Prof Basir Cyio berkomentar singkat.

Related posts

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *