June 19, 2021

Untad Kembali Pertahankan Sertifikisasi ISO 9001:2015 Usai Di Audit Surveillance

Untad Kembali Pertahankan Sertifikisasi ISO 9001:2015 Usai Di Audit Surveillance

Untuk mempertahankan status sertifikasi ISO 9001:2015 yang telah diperoleh Untad sejak tahun 2019, Universitas Tadulako sejak hari Kamis sampai Jumat (17-18/12/2020) mengikuti audit surveillance untuk tiga unit kerja yaitu Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan UPT Perpustakaan bertempat di Ruang Rapat LPPM Untad.

Audit surveillance dilaksanakan untuk memastikan bahwa standar mutu layanan di Universitas Tadulako masih sesuai dengan standar internasional yang dipersyaratkan oleh ISO. International Organization for Standardization atau lebih dikenal sebagai ISO adalah salah satu Standar Internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu sebuah organisasi/perguruan tinggi, yang memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perguruan tinggi yang ingin bersaing secara global dan juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh Rektor Universitas Tadulako, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP yang kemudian dilanjutkan dengan opening meeting audit yang dilakukan oleh Bpk. Hollys selaku Audit Team Leader dari PT. Sucofindo selaku lembaga pensertifikasi.

Dalam penyampaiannya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad menyampaikan terkait pelayanan yang telah dilakukan oleh unit kerja Untad.

” Pelayanan selama ini telah dipersiapkan dengan maksimal untuk mahasiswa. Kami berharap mahasiswa juga dapat melakukan take and gift agar dapat menyelesaikan studinya tepat waktu sehingga tidak berhadapan dengan situasi seperti DO (drop out) kedepannya. Oleh karena itu, saya meminta agar pihak fakultas dapat menyelesaikan hal tersebut karena apa pun hasilnya saya akan dukung selama untuk kebaikan Mahasiswa. Semoga usaha yang telah diupayakan terkait pelayanan kami kepada mahasiswa sesuai dengan harapan dari tim auditor. ” Jelas Prof. Mahfudz secara daring kepada tim audit.

Usai sambutan acara kemudian dilanjutkan dengan proses audit oleh Bpk. Hollys bersama dua orang auditor lainnya. Hasil audit yang disampaikan pada saat closing meeting oleh Audit Team Leader PT. Sucofindo menunjukan bahwa tidak terdapat temuan yang berarti kecuali pada kategori observasi, sehingga Universitas Tadulako masih dianggap layak untuk mempertahankan sertifikat ISO 9001:2015 yang dimiliki saat ini. Hasil ini menunjukkan bahwa Pimpinan beserta seluruh civitas akademika Untad masih memiliki komitmen yang tinggi untuk mencapai visi universitas menuju universitas bereputasi internasional. Oleh karena itu, rencana target ke depan yang akan disertifikasi ISO 9001:2015 adalah Kantor Pusat atau Rektorat dan Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (LPPMP) serta beberapa Program Studi dan Unit-Unit di lingkungan Universitas Tadulako.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh pimpinan unit kerja diantaranya Dekan FMIPA, Kepala UPT Perpustakaan, Ketua LPPM, Wakil Dekan, Kepala Bagian serta tim penyusun dokumen ISO dari masing-masing unit kerja. Ketua dan Sekretaris LPPMP bersama tim turut hadir sebagai inisiator dari pelaksanaan ISO di Untad sekaligus mewakili management representative yang termasuk bagian dari organisasi yang diaudit. AA

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!