Oktober 28, 2020

Untad Buka Jalur Seleksi Masuk PTN 2020 Sebanyak 8.380 Orang

Untad Buka Jalur Seleksi Masuk PTN 2020 Sebanyak 8.380 Orang

Bertempat di Gedung Rektorat Lantai I, Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum di dampingi Dr. Nurhayadi, M.Si selaku Kepala UPT. TIK Untad bersama Humas LTMPT Untad, Yutdam Mudin S.Si menggelar press conference terkait Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2020 pada Jumat (31/01/2020) Siang yang di hadiri segenap awak Media Cetak, Online dan Radio.

Dalam pemaparannya, Dr. Lukman menjelaskan detail pendaftaran SNMPTN periode tahun 2020.

“ Jalur penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada seluruh Perguruan Tinggi Negeri termasuk Universitas Tadulako tahun 2020 akan melalui: 1) Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau portofolio calon mahasiswa; 2) Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) dilakukan berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)  yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA); dan 3) Seleksi Mandiri Masuk PTN (SMMPTN) yang dilaksanakan oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri termasuk Universitas Tadulako. Informasi resmi tentang penerimaan mahasiswa baru ini dapat diakses pada https://ltmpt.ac.id/ “ Papar Dr. Lukman.

Beliau turut menuturkan bahwa Universitas Tadulako telah menetapkan data daya tampung tahun 2020 sebanyak 8380 orang, yang terdisitribusi pada tiga jalur, yaitu SNMPT 2116 orang, SBMPTN 3823 orang, dan SMMPTN 2441 orang. Daya tampung tersebut tersebar pada 51 program studi. Pada tahun 2020, ada penambahan satu prodi yaitu Teknik Lingkungan.

“ Saat ini, pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru, sedang dalam tahapan pemasukan nilai dan pemeringkatan siswa oleh sekolah untuk jalur SNMPTN, yang dimulai tanggal 15 Januari sampai tanggal 8 Februari 2020. Bagi sekolah yang sudah melakukan finalisasi data yang input di masing-masing akun sekolah, maka siswa yang masuk dalam pemeringkatan dan layak untuk mendafar SNMPTN akan diumumkan dimasing-masing akun siswa, kemudian siswa tersebut dapat mendaftar SNMPTN 2020 pada tanggal 14 – 27 Februari 2020. Siswa yang dinyakan lulus SNMPTN akan diumumkan pada tanggal 4 April 2020. Peserta yang lulus melalui jalur SNMPTN di Universitas Tadulako dihimbau mengakses https://untad.ac.id/ untuk mengetahui informasi pendaftaran ulang.” Jelas Dr. Lukman.

Selain jalur SNMPTN, penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana pada seluruh Perguruan Tinggi Negeri termasuk Universitas Tadulako tahun 2020 akan melalui jalur seleksi SBMPTN. Peserta yang tidak lulus atau tidak mendaftar melalui jalur SNMPTN dapat mendaftar melalui jalur SBMPTN dengan syarat harus mengikuti UTBK. Bagi peserta yang belum memiliki akun siswa dan akan mengikuti UTBK diwajibkan melakukan registrasi akun siswa pada https://portal.ltmpt.ac.id/ mulai tanggal 7 Februari s/d 5 April 2020. Melalui akun tersebut, peserta dapat melakukan pendaftaran UTBK pada tanggal 30 Maret s/d 11 April 2020. Bagi siswa yang sudah mendaftar dan memenuhi syarat administrasi lainnya (petunjuk pendaftaran UTBK : https://ltmpt.ac.id/)  dapat mengikuti UTBK di lokasi yang dipilihnya dan berdasarkan waktu yang ditentukan oleh LTMPT. UTBK secara nasional akan dilaksanakan pada 20 s/d 26 April 2020 yang terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Pengumuman Hasil UTBK yang diperoleh masing-masing siswa melalui masing-masing akun siswa pada tanggal 12 Mei 2020.

“ Untuk jalur SMMPTN, sistem pendaftaran dan pelaksanaan seleksi oleh masing-masing Perguruan Tinggi Negeri termasuk Universitas Tadulako. Diperkirakan bahwa test SMMPTN ini akan berlangsung pada bulan Juli 2020.” Tambah Dr. Lukman. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!