Desember 06, 2019

Sebanyak 1.506 Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Untad Terima Bimbingan Dan Pembinaan

Sebanyak 1.506 Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Untad Terima Bimbingan Dan Pembinaan

Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad, sebanyak 752 orang (dari total keseluruhan 1.506 orang) Mahasiswa Baru Penerima Beasiswa BidikMisi menerima Pembinaan dan Materi dari berbagai narasumber yang mengangkat tema “ Bersama BidikMisi Menggapai Prestasi Membangun Mimpi ” pada Sabtu (14/09/2019) Pagi . Bimbingan dan Pembinaan Mahasiswa Baru Penerima Beasiswa BidikMisi tahun ini merupakan kegiatan perdana yang di tangani langsung oleh pihak Untad. Jumlah keseluruhan Mahasiswa Penerima Beasiswa BidikMisi berasal dari lulusan SMPTN sebanyak 504 orang dan SBMPTN sebanyak 1.002 orang sehingga total keseluruhan sebanyak 1.506 orang.

Dalam sambutannya, Dr. Lukman Nadjamuddin M.Hum  selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menuturkan rasa bangga nya kepada seluruh Mahasiswa yang menjadi penerima Beasiswa BidikMisi tahun 2019.

“ Saya turut berbangga dengan seluruh Mahasiswa Penerima Beasiswa BidikMisi karena untuk menjadi penerima beasiswa ini terdapat kriteria tertentu seperti berprestasi secara akademik meskipun berasal dari keluarga ekonomi lemah/kurang mampu. Anda semua adalah orang-orang pilihan yang telah menyisihkan ribuan pendaftar lainnya yang mungkin jauh lebih susah dari anda secara ekonomi. Manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik baiknya karena Beasiswa ini hanya akan di berikan selama kurun waktu empat tahun saja.” Jelas Dr. Lukman.

Di kesempatan yang sama, Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan menuturkan bahwa Mahasiswa Penerima Beasiswa BidikMisi  diharapkan mampu menjadi teladan untuk Mahasiswa lainnya.

“ Kami berharap seluruh Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi dapat menjadi teladan bagi mahasiswa lainnya. Perlu juga untuk diketahui bahwa ada beberapa hal yang membuat anda berpotensi  gagal untuk menjadi seorang sarjana meskipun menerima Beasiswa BidikMisi ini diantaranya kurang disiplin dan mandiri, salah pergaulan, dan terlalu dini dalam berorganisasi sehingga lupa dengan aktivitas perkuliahan. Oleh karena itu, bimbingan yang diberikan pada hari ini diharapkan mampu memotivasi Mahasiswa Penerima Beasiswa BidikMisi untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu nantinya.” Papar Dr. Sagaf.

Para Penerima Beasiswa BidikMisi kemudian menerima sejumlah materi diantaranya tentang Kepemimpinan dan Organisasi Mahasiswa, Pembelajaran Efektif, Kepemimpinan, Wawasan Kebangsaan, Pertanggungjawaban Akademik Mahasiswa BidikMisi, Beasiswa Luar Negeri, Materi Administrasi BidikMisi dan Pengenalan Organisasi Himadiksi.

Kegiatan Bimbingan dan Pembinaan Mahasiswa Penerima Beasiswa BidikMisi tahun 2019 akan diadakan sebanyak dua tahapan dikarenakan jumlah mahasiswa penerima beasiswa yang cukup besar. Kegiatan pertama di gelar selama dua hari (14-15 September 2019) dari pukul 08.00-15.30 dengan jumlah peserta yang berasal dari 5 fakultas diantaranya FKIP (336 orang), FISIP (172 orang), Fakultas Teknik (107 orang), Fakultas Kehutanan (100 orang) dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (37 orang) sehingga total sebanyak 752 orang.

Tahap kedua akan digelar selama dua hari juga pada tanggal 21 – 22 September 2019 di tempat yang sama dan akan diikuti Mahasiswa Penerima Beasiswa BidikMisi dari 7 Fakultas lainnya seperti Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Pertanian, FMIPA, Fakultas Kedokteran dan Fapetkan. Kegiatan ini merupakan program dari Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti dan diharapkan menjadi program tahunan dengan mengangkat tema yang berbeda beda setiap tahunnya. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!