November 21, 2018

Peringati Nuzulul Qur’an, PHBI Untad Gelar Rangkaian Bakhti Ramadhan 1439 Hijriah

Peringati Nuzulul Qur’an, PHBI Untad Gelar Rangkaian Bakhti Ramadhan 1439 Hijriah

Memanfaatkan momentum Bulan Suci Ramadhan, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Untad pada Jumat (01/06) malam menggelar Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Babul Ulum Komplek Perumahan Dosen Untad dengan mengangkat tema “ Nuzulul Qur’an Sebagai Fundamen Dalam Menangkal Radikalisme”.

Acara yang dilaksanakan usai Sholat Tarawih tersebut menghadirkan penceramah asal IAIN Palu, Dr. H. Hilal Malarangan MHI selaku Penceramah. Dalam tausiyahnya, Dr. Hilal yang juga Dekan Fakultas Syariah IAIN Palu menuturkan bahwa Radikalisme dapat dicegah dengan meningkatkan SDM masyarakat melalui sumber bacaan dan informasi yang dapat dipercaya.

“ Menangkal Radikalisme yang kian marak di masyarakat dapat dilakukan dengan meningkatkan sisi intelektualnya karena semakin tinggi tingkat intelektualitas seseorang, maka semakin teliti dan sulit bagi pribadi tersebut untuk percaya dengan kabar yang tidak jelas kebenarannya (hoax). Maraknya kekeliruan dalam memaknai kata ‘jihad’ merupakan salah satu ciri kurangnya sumber bacaan/artikel yang dapat dipercaya ditengah masyarakat kita. Pemaknaan yang keliru tentang jihad membuat tindakan terror dianggap sebagai ‘jalan pintas ke surga’ yang tentu saja sangat bertentangan dengan islam yang menjunjung tinggi kedamaian.” Jelas Dr. Hilal.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Untad yang diwakili Prof. Dr. Ir Mahfudz, MP selaku Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan mengapresiasi acara Nuzulul Qur’an yang di gelar di Masjid Babul Ulum serta berterima kasih kepada Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Untad yang telah menyelenggarakan Rangkaian Bakhti Ramadhan Untad 1439 H.

“ Tanpa terasa kita telah berada dipertengahan Bulan Suci Ramadhan. Saya mewakili Rektor Untad mengucapkan terima kasih kepada PHBI Untad khususnya Fakultas Teknik yang telah menyelenggarakan acara Nuzulul Qur’an di 17 Ramadhan tahun ini. Semoga kita semua dapat menjalankan ibadah ini hingga bertemu dengan Bulan Syawal. InsyAllah.” Ujar Prof. Mahfudz.

Rangkaian acara Ramadhan – Nuzulul Qur’an yang dihadiri Para Dekan, Civitas Akademika Untad serta Ketua Panitia Bakhti Ramadhan 1439 H, Dr. Tutang Muhtar Kamaludin ST MT nantinya akan dilanjutkan dengan Sholat Idul Fitri di Lapangan Islamic Center pada 15 Juni mendatang sekaligus Halal Bi Halal di Gedung Islamic Center. AA  

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!