International Office Untad Sosialisasikan Program Pertukaran Mahasiswa Ke Perguruan Tinggi Korea

International Office Untad Sosialisasikan Program Pertukaran Mahasiswa Ke Perguruan Tinggi Korea

Usai melakukan pertemuan dengan Pemda Sulteng sekaligus Penandatanganan MoU, iO (International Office) Untad bersama Indonesia Korea Culture & Study (IKC&S)  pada Rabu (05/02/2020) Pagi menggelar Sosialisasi terkait “ Program Pertukaran Mahasiswa Ke Perguruan Tinggi Korea ” bertempat di Media Center Lantai II Untad.

Dalam sambutannya, Mukrim, M.Ed., Ph.D  selaku Ketua Panitia acara menuturkan maksud dan tujuan di adakannya Sosialisasi Program Pertukaran ke Korea untuk Mahasiswa dan Alumni Untad yang diikuti sekitar 203 peserta.

“ Maksud sosialisasi pada hari ini adalah untuk memberikan informasi terkait kesempatan belajar di korea melalui IKC&S kepada mahasiswa dan alumni serta program lain yang melibatkan kerjasama Untad dan beberapa kampus di korea. Penandatanganan MoU pun telah di lakukan terkait hal tersebut. Program  lain yang juga telah dikerjasamakan salah satunya dibidang pertanian (smart farm) di Korea. iO pun telah menjembatani pertemuan antara  IKC&S dengan Pemda Kota Palu, Sigi dan Parimo terkait  kerjasama dengan Pemda Korea di bidang pendidikan, ekonomi, pertanian dan kesehatan. Kedepannya iO Untad akan membuka Korea Corner untuk Mahasiswa yang ingin belajar budaya, kesempatan beasiswa dan bahasa Korea.” Papar Pak Mukrim.

Di kesempatan yang sama, Prof. Amar, ST.,MT selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama menyambut hangat kedatangan Christ Chang, B.Sc selaku CEO IKC&S dan Terry Chang, S.E.,M.Pd asal IKC&S di Universitas Tadulako.

“ Pagi tadi, Rektor Untad telah menandatangani MoU kerjasama antara Untad dan IKC&S yang tentu akan semakin membuka kesempatan mahasiswa dan dosen Untad untuk berkempatan melanjutkan studi di Korea. Kita pun telah memiliki 12 list kampus asal korea yang akan bekerjasama dengan Untad. Saat ini Untad harus intens untuk melakukan kemitraan dengan berbagai perguruan tinggi international jika ingin maju mengingat visi misi untad yang baru agar kedepan Untad berstandar Internasional. Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini akan semakin menambah informasi untuk Mahasiswa dan Alumni Untad yang ingin melanjutkan studi di Korea.” Ujar Prof. Amar.

Dalam materinya, Terry Chang, SE.,M.Pd asal IKC&S memperkenalkan IKC&S terkait cara untuk mendapatkan kesempatan studi di Korea sekaligus apa saja yang perlu di persiapkan untuk mendapatkan beasiswa ke Korea.

“ IKC&S (Indonesia Korea Culture and Study) adalah suatu lembaga Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Korea yang didedikasikan untuk meningkatkan kualitas diri, khususnya bagi yang ingin melanjutkan studi ke Korea Selatan. Selain itu kami pun memiliki wadah sahabat anak muda Indonesia-Korea untuk saling bekerjasama dalam berbagai kegiatan seni budaya Korea dan Indonesia dengan nama Indonesia Korea Youth Community. Harapan kami, IKC&S bisa mempererat persahabatan antara Indonesia-Korea, dan bersama-sama meningkatkan kemajuan bangsa Indonesia, khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) nanti, supaya para generasi muda dapat meningkatkan keterampilan akademis dan mempersiapkan Sumber Daya Manusia profesional, bersaing lebih baik, dan menjadi generasi yang paripurna.” Jelas Terry Chang.

Terry Chang juga melanjutkan jika Mahasiswa Untad ingin mengikuti Exchange Student maka yang perlu di persiapkan di antaranya ;

  1. Passport dan pas photo background putih
  2. Mengisi formulir dan study plan
  3. Medical Check Up
  4. Bank Referensi orang tua Min. 30 Juta
  5. Kartu KK, akta lahir dan KTP
  6. Kartu Mahasiswa
  7. Surat Keterangan Kampus
  8. Lampiran MoU Kampus
  9. Surat Ijin Orang Tua
  10. SPTPPH21 Orang Tua/BPKB Mobil/ Copy SHM rumah/tanah
  11. Mengisi form visa.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat dilihat di link website berikut. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!