Desember 15, 2018

Deklarasikan Aksi Damai, Pihak FAHUT dan FATEK Untad Tandatangani Surat Perjanjian Damai

Deklarasikan Aksi Damai, Pihak FAHUT dan FATEK Untad Tandatangani Surat Perjanjian Damai

Untuk menciptakan suasana yang damai dan tertib antar fakultas di wilayah kampus, Mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Fakultas Teknik Untad yang pernah mengalami dinamika beberapa waktu lalu menggelar Deklarasi Damai yang mengangkat tema “ Membangun dan Mempererat Tali Persaudaraan Mahasiswa Demi Terwujudnya Tadulako Yang Damai ” pada Selasa (31/07) Pagi bertempat di Theater Room Universitas Tadulako.

Dalam sambutannya, Dr. Ir.  Adam Malik M.Sc selaku Dekan Fakultas Kehutanan menuturkan agar mahasiswa dapat memanfaatkan lembaga dan organisasi kampus sehingga kejadian kurang terpuji antar mahasiswa dapat terhindarkan dan dapat disalurkan pada kegiatan-kegiatan yang lebih positif.

“ Hari ini Mahasiswa kedua fakultas akan melakukan deklarasi damai usai peristiwa yang terjadi beberapa waktu lalu. Kejadian tersebut merupakan wanprestasi dan hal yang tidak kita harapkan untuk terjadi kembali.  Mahasiswa sebaiknya memiliki kepekaan antar mahasiswa lainnya karena kalian semua adalah keluarga besar Untad.  Kedepan mahasiswa juga diharapkan memiliki kepekaan tentang rasa memiliki fasilitas Untad dan lebih fokus melakukan pengembangan diri di lembaga kampus. Saya pun sangat mengapresiasi atas inisiatif mahasiswa kedua fakultas karena telah menyelenggarakan deklarasi damai pada hari ini.” Jelas Dr. Adam Malik.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Amar ST MT selaku Dekan Fakultas Teknik berharap agar Deklarasi Damai kali ini tak sekedar sebagai ceremony saja, melainkan dapat diimplementasikan oleh seluruh Mahasiswa dari berbagai Fakultas di Universitas Tadulako.

” Apa yang telah terjadi sebelumnya antar Mahasiswa FAHUT dan FATEK, kami harapkan untuk tidak terjadi dimasa yang akan datang usai diadakannya deklarasi damai ini. Deklarasi ini jangan hanya bersifat ceremony saja,  akan tetapi dapat diwujudkan dengan baik di kehidupan kampus oleh setiap mahasiswa. Pendidikan karakter atau softskill sebaiknya perlu untuk diterapkan Mahasiswa dalam kehidupan sehari-hari karena 85% kesuksesan seseorang dipengaruhi oleh softskill yang terasah. Hardskill penting tapi softskill memiliki andil yang juga besar saat kalian selesai dari kampus. Sehingga diharapkan kejadian kemarin adalah kejadian terakhir yang terjadi di institusi Untad.” Ujar Prof. Amar.

Dikesempatan lainnya, Dr.  Ramlan selaku Kepala Security Untad turut menambahkan agar kejadian antar Fakultas yang pernah terjadi beberapa waktu lalu agar tidak terulang kembali karena sanksi pidana akan berlaku apabila fasilitas milik negara yang ada di kampus rusak akibat aksi kurang terpuji yang dilakukan antar mahasiswa di wilayah kampus.

Acara yang turut dihadiri Ketua Jurusan Teknik Mesin dan Polisi Satuan Kampus (POLSAKA) kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan surat deklarasi damai antara Kedua pihak fakultas oleh Ketua BEM FAHUT dan FATEK serta kedua Dekan Fakultas dan ditutup dengan aksi Bakti Sosial di Wilayah Depan kampus dan Kunjungan ke Panti Asuhan. AA

 

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!