Oktober 22, 2020

Cegah Penyebaran Covid-19, FMIPA Berikan Bantuan Masker Ke RS Pendidikan Untad

Cegah Penyebaran Covid-19, FMIPA Berikan Bantuan Masker Ke RS Pendidikan Untad

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tadulako, Ir. Darmawati Darwis, S.Si., M.Si., Ph.D., didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha FMIPA, H. Arifuddin, S.Pd., M.Si., menyerahkan bantuan masker kepada tenaga medis di Rumah Sakit Pendidikan Untad, Rabu (15/4). Paket masker tersebut diterima langsung oleh Direktur Rumah Sakit Untad sekaligus ketua tim siaga Covid-19 Untad, Dr. dr. Ketut Suarayasa, M.Kes. Selain itu, masker juga diserahkan kepada sivitas akademik di Universitas Tadulako dan kepada masyarakat. Masker yang diserahkan pada tahap pertama hari ini berjumlah 1.400 lembar.

“Kami usahakan memberi bantuan masker ini semaksimal mungkin. Yang menjadi kendala saat ini adalah SDM yang menjahit masker tersebut masih terbatas. Jadi kami sedang berusaha mencari orang yang bisa membantu untuk menjahit masker”, ujar Dekan FMIPA Untad.

Fakultas MIPA Universitas Tadulako memiliki program siaga Covid-19 dengan fokus pencegahan penyebaran, sebagai langkah selanjutnya setelah dibentuk tim siaga Covid-19 di Universitas Tadulako. Beberapa upaya pencegahan telah dilakukan oleh Fakultas MIPA yaitu dengan membuat penyanitasi tangan (hand sanitizer), disinfektan, dan pembuatan masker homemade berbahan dasar kain yang diharapkan dapat membantu masyarakat secara luas.

Fakultas MIPA juga membuat tim khusus untuk meracik disinfektan yang terdiri dari dosen-dosen muda Farmasi, Kimia, Biologi dan semua komponen yang ada di Fakultas MIPA. Tim yang diinisiasi oleh dosen-dosen muda ini dibantu juga oleh mahasiswa dan dikoordinir langsung oleh KTU. Hand sanitizer sendiri diproduksi di jurusan Farmasi. Bantuan ini sudah diberikan secara luas, namun masih terkendala bahan baku etanol yang masih sulit didapatkan sehingga produksinya masih terbatas.

“Semoga dengan ketersediaan bahan baku yang ada, pembuatan disinfektan dan hand sanitizer ini bisa terus berlanjut. Karena kita tidak tahu berapa lama pandemi ini akan berlangsung. Begitu juga dengan masker yang saat ini dibutuhkan oleh semua orang. Oleh karena itu, kami menargetkan bantuan yang akan diberikan nanti sebanyak mungkin dan dengan maksimal”, tambahnya.

Dekan Fakultas MIPA juga berharap agar bantuan yang diberikan bermanfaat untuk semua orang. “Doa kami untuk kita semua, semoga bencana ini cepat berakhir. Saya sangat berterimakasih kepada teman-teman yang sudah membantu. Insya Allah semua ini akan bernilai ibadah”, tutupnya. NF-Humas Untad

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!