Duta Kampus Merdeka LLDikti Asal Untad Bagi Pengalamannya Ikuti Vokasifest X Festival Kampus Merdeka Tahun 2023 di Jakarta

  • Post author:

Triana Burhanudin, Mahasiswi Fakultas Hukum Untad angkatan tahun 2020 sekaligus Duta Kampus Merdeka Wilayah LLDikti XVI (Sulut, Sulteng dan Gorontalo) bagikan pengalamannya mengikuti “Vokasifest X Festival Kampus Merdeka” yang berlokasi di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki – Jakarta.

Acara yang dilaksanakan selama 11- 12 Desember 2023 lalu mengusung tema “Membangun Semangat Kolaborasi untuk Melaksanakan MBKM yang Berkelanjutan, Demi Membangun Talenta Emas untuk Indonesia Emas,” yang merupakan dua kegiatan besar dari Kemendikbudristek.

Triana menuturkan bahwa acara tersebut turut dihadiri oleh Ir. Joko Widodo – Presiden RI, Mas Mentri Pendidikan Nadiem Makarim dan dimeriahkan oleh Novia Bachimd, Jovia Da Lopez, Novia Situmeang, serta Institut Seni Indonesia Surakarta.

“ Kegiatan Vokasi Fest x Festival Kampus merdeka, dua perayaan besar dalam dunia pendidikan indonesia yang bertujuan untuk menyebarkan praktik baik pendidikan vokasi dan pendidikan tinggi, serta mempersiapkan SDM unggul demi indonesia Emas 2045. Acara yang dikemas dengan tajuk Vokasifest X Festival Kampus Merdeka menjadi sebuah kolaborasi besar antara Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Event akbar ini sekaligus merupakan perayaan bersama atas berbagai capaian transformasi pendidikan yang telah dilakukan oleh Kemendikbudristek melalui Ditjen Pendidikan Vokasi maupun Ditjen Diktiristek dalam payung besar kebijakan Merdeka Belajar,” papar Triana.

Ia menambahkan bahwa kegiatan tersebut memiliki booth MSIB dan Booth Kampus Merdeka yang memiliki banyak stand dari seluruh program merdeka belajar kampus merdeka.

“ Selama disana, Kami melaksanakan Geathring DKM, membawa oleh-oleh khas daerah masing-masing dan memperkenalkannya. Setelah itu, kami melakukan diskusi terkait seluruh program Kampus Merdeka dan memberi saran tiap program serta memecahkan masalah terkait program. Ketika kegiatan Festival Kampus Merdeka, saya bertugas di area booth kampus Merdeka tepatnya di program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Disana saya mengajak pengunjung yang datang untuk bermain game dan memberikan hadiah ke peserta sekaligus menjelaskan terkait program MBKM.” tambahnya.  

Pada tahun 2023 lalu, Triana telah terpilih menjadi Duta Kampus Merdeka Wilayah LLDikti XVI (Sulut, Sulteng dan Gorontalo) yang berperan sebagai “go to person” di perguruan tinggi asal maupun perguruan tinggi sekitar dalam memecahkan masalah seputar Kampus Merdeka sehingga tidak ada lagi kendala untuk mengimplementasikan program pada kurikulum perguruan tinggi.

Triana terpilih usai bersaing ketat bersama 570 mahasiswa lain se Indonesia dengan proses seleksi yang meliputi seleksi administrasi, infografis diri serta video kontribusi, essay cerita, interview dan FGD yang berlangsung selama dua bulan.

Selama menjadi Duta Kampus Merdeka (DKM), ia aktif mensosialisasikan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dengan membuat konten video terkait program, dan menulis cerita kampus Merdeka di website. AA