Untad Gelar Bimbingan Teknis Penyusunan RPD dan Usulan RKA-K/L TA. 2025

  • Post author:

Dalam rangka meningkatkan kompetensi serta pemahaman tentang penyusunan rencana penarikan dana (RPD) dan usulan RKA-K/L Unit Kerja Pagu Indikatif Tahun Anggaran 2025, Untad pada Selasa (19/12/2023) pagi menggelar Bimbingan Teknis bertempat di Sutan Raja Hotel & Convention Center, Palu.

Sri Sugiartyningsih, S.E., M.Si selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan terkait latar belakang penyelenggaraan bimbingan teknis (bimtek) kali ini.

“  Dasar kegiatan bimtek hari ini diantaranya terdapat pelaksanaan evaluasi dan monitoring yang dilakukan oleh pihak Kemendikbudristek atas capaian realisasi satuan kerja (satker). Kemudian adanya permintaan surat keterangan dari Badan Pemeriksa Keuangan atas RKKL Satker kita. Narasumber kita pada bimtek ini adalah Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Prov. Sulawesi Tengah yang akan memaparkan materi terkait  Penyusunan RPD dan Revisi Halaman III DIPA serta Kebijakan Penyusunan RKA-K/L. Bimtek akan dilaksanakan selama dua hari (19-20/12/23) dan diikuti sebanyak 150 peserta,” ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor berharap adanya sinkronisasi anggaran di Untad agar dapat terserap dengan maksimal.

“ Sejauh ini penyerapan anggaran kita masih belum mencapai target. Sehingga percepatan perlu dilakukan dengan anggaran yang tersinkronisasi. Harapannya penganggaran dilakukan dengan baik agar revisi anggaran tidak selalu dilakukan sehingga anggaran masuk dan keluar terserap dengan optimal,” paparnya. 

Selain pemaparan materi dari narasumber, bimtek turut memaparkan  Monitoring dan Evaluasi RAK-K/L TA 2023 oleh Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama , Materi Teknik Penyusunan Usulan RKA-K/L TA 2025, Materi Teknik Penyusunan RPD, serta Teknik Penyusunan RAB, KAK dan SEPIA oleh Tim Perencanaan. AA