Pakta Integritas, Untad Komitmen Wujudkan Reformasi Birokrasi Demi Tercapainya Zona Integritas, WBK dan WBBM

  • Post author:

Sebagai wujud komitmen Universitas Tadulako (Untad) dalam mencegah terjadinya korupsi, kolusi dan nepotisme serta demi terselenggaranya  wilayah birokrasi yang bersih dan melayani, maka Untad menggelar  kegiatan Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama pada Rabu (27/09) bertempat di Aula Fakultas Kedokteran Untad.

Dalam penyampaiannya, Ketua Tim Reformasi Birokrasi Untad, Dr. Nur Alamsyah, M.Si mengungkapkan bahwa penandatanganan ini merupakan komitmen dalam mewujudkan reformasi birokrasi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di Instansi Pemerintah. Pencanangan ini diharapkan menjadikan Untad siap menjalankan reformasi birokrasi sehingga tercapai Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Mengapa komitmen ini penting, tentunya agar kita menjadi agen agar reformasi ini dimulai dari atas. Kita berharap kegiatan ke depan selalu berorientasi pada semangat Reformasi Birokrasi. Dengan semangat ini, tatanan dan budaya reformasi menjadi target Reformasi Birokrasi. Zona Integritas merupakan ujung tombak bagaimana setiap unit kerja melakulan komitmen pelayanan sesuai dengan  ketentuan yang berlaku. Kegiatan hari ini merupakan tahapan lebih lanjut setelah kita melakulan pencanangan reformasi birokrasi pada Februari lalu, saat ini kita memasuki fase pembagian dimana setiap unit kerja mulai melakukan langkah-langkah atau tahapan-tahapan dalam mewujudkan reformasi birokras” kata Dr Nur Alamsyah.

Rektor Untad yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. Eng, Ir. Andi Rusdin, S.T, M.T, M. Sc dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa unit kerja di lingkup Untad dapat membangun Zona Integritas dan harus memahami tugas dan fungsinya  sesuai  dengan OTK yang telah disahkan.

“Tahun ini semua unit dan lembaga diusulkan untuk membentuk Zona Integritas dan WBK, dengan adanya zona ini setiap unit harus bisa memahami fungsi dan tanggung jawab unit masing masing. Zona integritas ini ada timnya di tingkat universitas, tingkat Fakultas dan lembaga, untuk mencegah terjadinya korupsi dan melakukan pelayanan  maksimal, harapanya pelayanan prima yang kita impikan di Untad akan bisa berhasil dilaksanakan dengan baik” kata Warek Bidak.

Kegiatan pencanangan Pembangunan  Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) ini dihadiri oleh segenap  jajaran pimpinan,dosen, serta pejabat struktural dan ditandai dengan pembacaan maklumat serta penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Bersama.