Prodi PPG FKIP Untad Gelar Advokasi Pemberdayaan Lulusan PPG Prajabatan Dengan Pemda Sulteng

  • Post author:

Pada Sabtu (05/07/2023) pagi, Program Studi Pendidikan Profesi Guru FKIP Untad melaksanakan “Advokasi Pemberdayaan Lulusan PPG Prajabatan Dengan Pemda Sulteng” bertempat di Meeting Room Swissbell Hotel Palu.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor menuturkan bahwa pelaksanaa PPG ini sudah cukup lama dilaksanakan melalui LPTG untuk LPTK (Lembaga Tenaga Kependidikan).

“ Saya kira yang perlu disampaikan kepada Sesdirjen Guru dan Tenaga Kependidikan yaitu program fast Track yaitu jalur cepat, ini sangat baik karena semester 7 di dalam PGSD itu sudah dipersiapkan kemudian semester 8 dia ambil tesisnya, jadi seperti model Dokter (CO-ASS). Setelah selesai Pendidikan, dia mendapatkan ijazah dan Serifikat Profesi Guru, ini merupakan inovasi yang dilakukan oleh kementerian dalam rangka percepatan yang sangat luar biasa,” papar Prof. Amar.

Rektor menambahkan bahwa Untad sudah mendapatkan pelaksanaan selain dari profesi itu sendiri yaitu melalui jalur RPL dimana kita mendapatkan bantuan bagi 6 prodi kita termasuk PGSD, ada terjadi rekondisi pembelajaran masa lampau dimana bagi yang tamatan SMA dan telah berpengalaman, tidak perlu kuliah lagi karena tinggal menyusun portofolio dengan berbagai sertifikat, kemudian dilakukan penyesuaian dan sudah bisa dikatakan sarjana pendidikan.

Salah satu prodi juga yaitu administrasi pemerintah sehingga para kepala-kepala desa bisa dengan cepat mendapatkan gelar sarjana.

“ Kami juga telah bekerja sama dengan berbagai pemerintah daerah kabupaten seperti Touna dan juga Bangkep dalam hal ini, jadi kami mencoba untuk berdayakan lulusan SMA dari daerah terpencil untuk menjadi guru. Saya selaku Rektor juga mengingatkan tentang masalah transparansi keuangan yang harus di atur dengan baik-baik karena di jaman sekarang ini kita selalu di peringatkan untuk hal itu,” tambah Prof. Amar.

Dikesempatan yang sama, Dr. Ir. Amiruddin Kade, S.Pd, M.Si selaku Dekan FKIP menuturkan harapannya agar seluruh program profesi akan terus maju dan PPG juga kini mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

“FKIP Merupakan fakultas terbesar karena memiliki prodi, Dosen, Tendik dan Mahasiswa terbanyak di Universitas Tadulako. FKIP juga Menjadi Satu-satunya Fakultas yang mengurus persiapan guru di Sulawesi Tengah, Jadi bukan hanya mengurus dari sisi Strata 1 tapi juga mengurus dari Pendidikan Profesi. Kita berharap kedepannya seluruh program profesi akan terus maju dan PPG juga kini mendapatkan agreditasi A dari BAN-PT. Ini menunjukan bahwa kita adalah pelaksan PPG Prajabatan dan dalam jabatan, ada lagi program yang baru dibuat yaitu Fast Track yaitu program percepatan Pendidikan Profesi. Mari kita bersama-sama untuk meningkatkan potensi sumber daya yang ada di Sulawesi tengah ini agar kita bisa membangun Sulawesi tengah ini dengan baik,” ujar Dr. Amiruddin Kade. AA