Untad Kembali Jadi Penyelenggara Pelatihan Applied Approach (AA) Angkatan 1 Tahun 2023 Tingkat Sulawesi Tengah

  • Post author:

Bertempat di Meeting Room Media Center Untad, LPPMP Untad melalui PUSBANG PMPP (Pusat Pengembangan Peningkatan Mutu Dan Proses Pembelajaran) menggelar Pelatihan AA (Applied Approach) pada Selasa (11/07/2023) pagi.

Dalam laporannya, Ns. Andi Saifa, M.Kep., Sp., Kep.Kom selaku Ketua Panitia sekaligus Sekretaris Pusat Pengembangan Peningkatan Mutu Dan Proses Pembelajaran (PMPP) menuturkan maksud dan tujuan pelatihan AA bagi para dosen.

“ Dasar pelaksanaan kegiatan ini agar dosen memiliki kompetensi professional dalam proses pengajaran serta standar nasional pendidikan tinggi. Implementasi pendekatan pembelajaran berbasis sesuai kebutuhan abad 21 dan tuntutan MBKM di perguruan tinggi. Ini merupakan tahun ketiga sebagai penyelenggara Pelatihan AA dilingkup Sulteng. Setiap peserta diharapkan mampu menyusun evaluasi pembelajaran satu mata kuliah yang di ampuh. Kemudian mampu menyusun rancangan rekonstruksi minimal satu mata kuliah. Sehingga 45 peserta akan membuat RPS yang memenuhi syarat setelah ini,”

“ Dosen juga diharapkan mampu membuat bahan ajar dan modul, bahan ajar online serta membuat pengembangan media pembelajaran online. Peserta pelatihan juga berasal dari Universitas Widyanusantara, Sekolah Tinggi Sosial Ilmu Pemerintahan, dan Politeknik Cendrawasih. Acara akan berlangsung dari 11 – 15 Juli 2023,” ujar Ns. Andi Saifa.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT.,IPU.,ASEAN Eng selaku Rektor berharap agar peserta dapat maksimal mengikuti pelatihan AA karena Dosen merupakan tokoh terdepan dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi.

“ Momen ini merupakan penyamaan persepsi terkait peningkatan SDM dalam proses pembelajaran yang akan disesuaikan dengan kebutuhan kita. Dari tahun ke tahun, Untad telah dipercayai untuk melaksanakan pelatihan AA ini. Perubahan abad ini membuat kita perlu memiliki tiga pendekatan sebagai dosen diantaranya pembangunan karakter, kompetensi dan pengembangan dalam hal literasi. Dosen merupakan garda terdepan dalam sistem pembelajaran sehingga diharapkan dapat mengikuti pelatihan secara maksimal terkait penyerapan materi dalam pelatihan AA ini,” Ujar Prof. Amar.

Usai sambutan, pelatihan kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Prof. Amar terkait “Kompetensi dan Nilai Leadership Dosen dalam Sistem Pendidikan Tinggi”.  AA