Menuju Perpustakaan Kampus Terakreditasi, FPPTI Sulteng Gelar Sosialisasi Di Untad

  • Post author:

Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) Wilayah Sulawesi Tengah pada Sabtu (17/12/2022) pagi menggelar Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi dengan mengangkat tema “ Perpustakaan yang Hebat adalah Perpustakaan yang Terakreditasi” bertempat di Aula Fakultas Pertanian Untad.

Dalam Laporannya, Muh Rivai selaku Ketua Panitia Acara menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya Sosialisasi Akreditasi Perpustakaan Perguruan Tinggi pada hari ini.

“Tujuan sosialisasi ini untuk peningkatan SDM Pustakawan dalam mengelola perpustakaan kampus sehingga sesuai dengan standar akreditasi secara Nasional. Selain itu, tantangan kita kedepan dimana pada tahun 2023 tepatnya di bulan April, Perpustakaan akan menggunakan 9 komponen dimana 6 komponen saja sudah cukup sulit untuk dicapai. Harapannya perpustakaan yang ada diseluruh perguruan tinggi di Sulawesi Tengah kedepan dapat mencapai standar Nasional.” Ujar Muh Rivai.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor menyampaikan agar pimpinan setiap perpustakaan fakultas dan universitas bisa bersiap dalam mempersiapkan akreditasi nantinya.

“Perpustakaan merupakan hal yang penting dalam sebuah perguruan tinggi. SDM dan fasilitas/prasarana dan sarana menjadi dua hal yang terus dikembangkan di perpustakaan apalagi saat ini kemajuan digital perlu untuk dikombinasikan dalam pengelolaannya. Layanan ditingkat fakultas dan universitas perlu bersinergi untuk layanan akademik yang prima bagi dosen dan mahasiswa. Saya berharap seluruh pimpinan perpustakaan fakultas dan Universitas dapat segera mempersiapkan diri terkait akreditasi perpustakaan kedepannya.” Ujar Prof. Mahfudz.

Selain sosialisasi, acara turut melaksanakan penandatanganan MoU antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Se Sulawesi Tengah. AA