Untad Gelar Workshop SiMOU Ver.2.0 Terkait Operator MoU, MoA & IA

  • Post author:

Dalam rangka meningkatkan program IKU (Indikator Kinerja Utama) di tingkat perguruan tinggi, Universitas Tadulako mengadakan Workshop SiMOU Ver.2.0 (Sistem Informasi Manajememen Memorandum Of Understanding) Untuk Operator MoU, MoA dan IA pada kamis (27/10/2022) pagi bertempat di Aula fakultas Teknik.

Prof. Dr. Ir. Amar, S.T., M.T selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Mewakili Rektor Universitas Tadulako menyampaikan bahwa SiMOU saat ini merupakan Versi terbaru dari SiMOU yang telah ada sebelumnya.

“Pembuatan aplikasi SiMOU ini sudah ada ditahun 2020 sehingga kami melakukan peningkatan versi agar lebih mudah diakses. Karena sebelumnya masih banyak yang mempertanyakan keberadaan data kerjasama khususnya IA, yang terakhir kali disosialisasikan dan disetujui tentang model atau dokumen kerjasama untuk tingkat Universitas ada MoU (Memorandum of Understanding) kemudian ditingkat Fakultas dan Pascasarjana itu ada MoA (Memorandum of Agreement) dan terakhir IA (Implementation Agreement) atau KIK (Kontrak Implementasi Kerjasama). Kami berharap semua kerjasama yang dilakukan baik program studi maupun universitas dapat terangkum dalam aplikasi ini, karena data-data yang ada akan menunjang proses Akreditasi,” Ujar Prof. Amar.

”Selain itu pembaruan SiMOU ini dilakukan untuk mencapai Target dalam IKU 6 tentang perjanjian kerjasama antara program studi dengan mitra kelas dunia. Sehingga pihak perguruan tinggi akan menjalani kolaborasi dengan mitra kelas dunia untuk menyempurnakan program studi. Perjanjian Kerjasama ditingkat fakultas belum terhitung sehingga kerjasama yang harus kita tawarkan yaitu bidang program studi. kita harus selalu update mengenai timeline kerjasama agar bisa dipakai secara real serta data-data yang ada dapat masuk secara maksimal.” tambahnya.

Ir. Syaiful Hendra, S.Kom, M.Kom Dalam materi terkait “Panduan Penggunaan SiMOU V.2” menjelaskan bahwa penggunaan SiMOU ini dikhususkan pada Operator Fakultas, Operator Pascasarjana, Operator PSDKU, Operator LPPM dan Operator Prodi. Sebelum menggunakan aplikasi sebaiknya memahami terlebih dahulu mengenai system requirements yang terdapat pada aplikasi terutama pengaturan Javascript pada browser harus enable dan akses internet yang memadai, minimal 10mbps.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar peserta workshop dengan pemateri kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. Author : Lidya/Editor : AA