UPT. Perpustakaan UNTAD Sosialisasikan E-journal & E-book Serta Adakan Lomba Minat Baca

  • Post author:

UPT perpustakaan Untad mengadakan sosialisasi E-journal dan E-book serta Lomba Minat Baca dengan tema “Optimalisasi Pemanfaatan E-journal ProQuest dan E-book Untuk Mahasiswa Baru Tahun 2022” pada Senin (19/09/2022) pagi bertempat di UPT Perpustakaan Universitas Tadulako.

Dalam laporannya, Drs. I Gede Surata M.Si, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan adalah untuk meningkatkan kemudahan dalam mengakses e-journal khususnya ProQuest agar bisa di manfaatkan secara optimal oleh para civitas akademika serta untuk meningkatkan kunjungan perpustakaan ditingkat fakultas maupun universitas.

“Kegiatan sosialisasi e-journal dan e-book serta lomba minat baca akan dilaksanakan selama 5 hari dimulai dari tanggal 19 hingga 23 September 2022. Peserta lomba dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Tadulako yang diwakili oleh 50 orang mahasiswa dari setiap fakultas dan pascasarjana” ujar Drs. I Gede Surata.

Dikesempatan yang sama, Kepala UPT. Perpustakaan Untad, Nurhayati, S.Sos, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk mencerdaskan dan meningkatkan SDM serta mengajak para mahasiswa agar aktif dalam menggunakan fasilitas perpustakaan, UPT. Perpustakaan Untad perlu memberikan edukasi terkait bagaimana cara mengakses e-journal dan e-book dengan sosialisasi dan lomba yang diadakan selama 5 hari kedepan.

“Atas dukungan Rektor, Alhamdulillah perpustakaan Untad sudah mulai berkembang. Selain e-journal, UPT. Perpustakaan juga sudah memiliki e-book dan telah menyiapkan admin untuk melayani pengunjung dari luar atau saat terjadi masalah di layanan online. Kami juga berharap kepada teman-teman UPT perpustakaan serta pustakawan universitas maupun fakultas untuk senantiasa mengingatkan para mahasiswa tentang pentingnya mengakses e-journal dan e-book Untad sebagai bahan rujukan perkuliahan.” Ujar Nurhayati, S.Sos.,M.Si.

Pada kesempatan lainnya, Dr. Lukman Nadjamuddin M.Hum selaku Wakil Rektor bidang Akademik mengatakan bahwa tantangan di era saat ini adalah kemampuan dibidang teknologi yang penting untuk dikuasai.

“Di era 4.0 saat ini, kita tidak bisa lagi lepas dari pengaruh digitalisasi atau menghindar dari tantangan teknologi. Oleh sebab itu, kita perlu berbenah dan meng-upgrade serta menambah kemampuan keterampilan yang berkaitan dengan teknologi. Sosialisasi ini harus dilakukan secara aktif agar para mahasiswa mengerti tentang fasilitas-fasilitas yang disediakan Untad serta dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sesuai kebutuhan.” Ujar Dr. Lukman.

Beliau juga menyampaikan ketertarikannya terhadap lomba minat baca dan berharap semoga sosialisasi dan lomba ini dapat memberikan resolusi bagi pengembangan pengetahuan mahasiswa serta para pustakawan bisa menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan agar mampu menyesuaikan dengan kebutuhan perpustakaan.

“Lomba minat baca ini cukup menarik agar mahasiswa dapat terdorong untuk memiliki minat baca yang tinggi, kemampuan membaca yang baik serta mampu menambah wawasan. Semoga kedepannya sosialisasi dan lomba seperti ini dapat terus berlanjut agar bisa menambah pengetahuan mahasiswa serta para pustakawan agar memiliki kemampuan dan pengetahuan untuk bersinergi dengan tantangan dan kebutuhan dalam perpustakaan” Tambah Dr. Lukman Nadjamuddin. Usai sambutan-sambutan, acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama. Author : Lidya/ Editor : AA