UPT. TIK Untad Mulai Migrasi Dari Siakad Ke Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT)

  • Post author:

Penerapan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) Untad kini mulai diimplementasikan oleh UPT.TIK Untad pada semester ganjil tahun 2022. Sosialisasi untuk memperkenalkan SIAT ke Prodi dan Fakultas telah dilakukan sejak tahun 2020, namun mulai diterapkan pada Agustus tahun 2022 ini.

Dari hasil evaluasi, Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) masih memiliki beberapa hambatan diantaranya akses yang cukup rumit dan terbilang masih sering mengalami keterlambatan. Bahkan, dulunya untuk mengakses Siakad disetiap fakultas masih harus bergantian yang mengakibatkan Proses input data menjadi terhambat. Setelah melihat hasil evaluasi dari Siakad tersebut maka diluncurkanlah Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) Untad yang diharapkan dapat mempermudah proses kepengurusan Akademik.

“ Setelah dilakukan evaluasi, dari sisi grafik mungkin lebih baik Siakad, namun efek dari grafik yang baik itu membuat loading proses menjadi lebih lama. Sehingga, UPT.TIK meluncurkan SIAT yang dari sisi kecepatan lebih cepat dari Siakad walaupun mungkin terbilang sederhana. Tak hanya lebih cepat, SIAD juga memiliki menu-menu yang sebelumnya tidak terdapat pada Siakad. SIAT kini menyediakan menu untuk Pimpinan, Pengambil Keputusan maupun untuk keperluan borang akreditasi yang lebih lengkap dan dapat dengan mudah untuk diakses.” Ujar Sukirman selaku Sub. Koordinator Upt. TIK.

Saat ini proses Migrasi Siakad ke SIAT Untad telah berjalan dengan baik dan sedang dalam tahap penyesuaian. Lebih dari 50 % Mahasiswa telah berhasil menggunakan Siat. Untuk lebih lanjut terkait SIAT, info selengkapnya dapat dilihat pada link berikut

Panduan SIAT UNTAD – STUDENTS_compressed

Author : Angel/Editor AA