FAPETKAN Untad Gelar Workshop Terkait Entrepreneurship Peternakan Milenial

  • Post author:

Pada kamis (01/09/2022) Pagi, Fakultas Peternakan dan Perikanan Untad menggelar Workshop Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dengan mengangkat tema “ Entrepreneurship Peternakan Milenial” bertempat di Ballroom Hotel Santika Palu yang dihadiri 150 peserta asal Mahasiswa dan Akademisi Untad.

Dalam workshop yang dibuka langsung oleh Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan tersebut turut mengundang Dr. Ir. Audy Joinaldy, S.Pt.,M.Sc.,M.M.,IPM, ASEAN, Eng selaku Narasumber yang merupakan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Dosen Sekolah Bisnis IPB & Fakultas Peternakan UGM.

Dalam materinya terkait Entrepreneurship 4.0, Dr. Audy banyak memaparkan edukasi tentang dunia kewirausahaan di era 4.0 serta kaitannya dengan kondisi peternakan di Indonesia.

“ Saat ini Pertumbuhan lapangan pekerjaan yang tersedia tidak sebanding dengan banyaknya lulusan pendidikan tinggi sehingga banyak Pekerjaan abad 20 yang perlahan-lahan akan digantikan oleh pekerjaan baru yang lebih berbasis teknologi 4.0.” Ujar Dr. Audy.

Beliau menuturkan bahwa Wirausaha merupakan proses mengidentifikasi, mengembangkan dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi bisa berupa ide inovatif, peluang serta cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi resiko atau ketidakpastian.

“ Desa menjadi tumpuan kehidupan dengan ekonomi dan teknologi yang akan terus berkembang. Dalam dunia peternakan di indonesia, uang yang berputar sebesar 350 T dengan PDB Sektor Peternakan adalah 1.57% dengan menyerap tenaga kerja sebesar 3.840.000. Peluang peternakan di Indonesia meliputi pertumbuhan populasi yang teratur, pertumbuhan pendapatan kelas menengah, urbanisasi, harga daging yang terjangkau dibandingkan jenis lainnya, memiliki peternakan besar. Sedangkan Tantangan di dunia peternakan saat ini meliputi globalisasi, keterbatasan sumber daya, kesejahteraan hewan, perubahan iklim, kelebihan pasokan yang menimbulkan ketidakstabilan harga, penyakit menular antar hewan kualitas pangan serta standar managemen perkandangan dan minimnya fasilitas pemrosesan.” Tambah Dr. Audy dalam materi nya.

Usai pemberian materi, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antar pemateri dan peserta kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara Dr. Ir. Rusdin, M.P IPU selaku Dekan FAPETKAN dengan pemateri. Acara kemudian ditutup dengan sesi foto bersama dan penyerahan sertivikat. AA