International Office Untad Gelar Sosialisasi Studi & Beasiswa Perancis Program D3/S1 Di SMA Madani Palu

  • Post author:

Bertempat di Aula SMA Madani Palu, International Office (iO) Untad pada Rabu (20/07/2022) Pagi mensosialisasikan Studi dan Beasiswa Perancis program D3 dan S1 yang diikuti siswa/i SMA Madani Palu dengan menghadirkan Indri Novita Sari selaku Penanggung Jawab Campus France IFI Surabaya secara online serta Fatyan Auvilia, anak muda asal Palu yang tengah melanjutkan program S2 di Perancis.

Dalam sambutannya, Prof. Marsetyo,M.Sc Ag Ph.D selaku Kepala International Office (iO) Untad menuturkan pentingnya mempersiapkan generasi muda yang ingin melanjutkan pendidikannya melalui beasiswa sejak dini.

“ Penting untuk mempersiapkan generasi muda kita agar mampu dan berkualifikasi untuk mendapatkan beasiswa pendidikan diluar negeri sejak masih duduk dibangku SMA. Kemampuan berbahasa asing penting untuk diasah oleh siswa/i khususnya bahasa perancis bagi yang tertarik untuk mengambil kesempatan mengenyam pendidikan melalui beasiswa disana. Sehingga momen ini menjadi momentum yang baik untuk mendapatkan informasi bagi siswa/i sekalian.” Ujar Prof. Marsetyo.

Usai sambutan, acara yang turut dibuka langsung oleh Dahlan Moh. Saleh S.Pd, M.Si selaku Kepala Sekolah SMA Madani Palu kemudian dilanjutkan oleh narasumber, Indri Novita Sari selaku Penanggung Jawab Campus France IFI Surabaya.

Dalam materinya, Indri menyampaikan bahwa Studi D3 dan S1 di Perancis relatif lebih singkat jika dibandingkan dengan Indonesia. D3 di Perancis berdurasi sekitar 2 tahun sedangkan S1 berdurasi 3 tahun yang selalu dimulai setiap bulan September setiap tahunnya.

Indri juga menyampaikan alasan melanjutkan pendidikan di Perancis adalah kesempatan yang patut di coba, diantaranya ;

  1. Pendidikan dibiayai dan dijamin negara
  2. Pendidikan tinggi unggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan
  3. Penelitian yang berkualitas
  4. Kekuatan ekonomi skala internasional
  5. Destinasi menarik bagi mahasiswa internasional
  6. Lingkungan yang memadai untuk berinovasi dan bagi para wiraswasta muda
  7. Lingkungan hidup yang nyaman dan menyenangkan di jantung eropa
  8. Bahasa prancis sebagai bahasa internasional
  9. Industri maju dengan perusahaan-perusahaan terkemuka dikancah dunia

Setiap pendaftar yang tertarik dengan beasiswa Perancis perlu mempersiapkan beberapa hal seperti ijazah & transkip terakhir, CV, Surat Motivasi, Sertifikat Bahasa (DELF/TCF B2) atau IELTS/TOEFL serta pas foto.

Kemudian lakukan proses pendaftaran online melalui seleksi berkas sampai ke 7 institusi negeri yang berbeda dengan mengunggah seluruh dokumen ke akun Etudes en France (EEF) : https://pastel.diplomatie.gouv.fr/fildariane/dyn/public/login.html

Beasiswa Perancis pun tersedia di ;

  • Beasiswa IFI Excellence Master
  • Beasiswa Eiffel (https://www.indonesie.campusfrance.org/id)
  • Beasiswa Institusi pendidikan perancis
  • Beasiswa Eramus+
  • Beasiswa LPDP
  • Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
  • MORA Scholarship – Kemenag

Dikesempatan lainnya, Fatyan Auvilia, anak muda asal Palu yang tengah melanjutkan program S2 di Perancis turut menyampaikan melalui zoom bahwa selama proses mendaftar beasiswa di Perancis, pihak Campus France IFI Surabaya selalu membantu Fatyan sehingga berhasil sehingga ia menyampaikan agar siswa/i untuk tidak ragu mendaftarkan diri ke beasiswa Perancis nantinya karena akan selalu dibimbing. AA