Tingkatkan Skill Dibidang Identifikasi Tumbuhan, UPT. Sumber Daya Hayati Sulawesi Untad Gelar Pelatihan Bagi Mahasiswa

  • Post author:

Dalam rangka mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sekaligus meningkatkan kompetensi Mahasiswa, UPT. Sumber Daya Hayati Sulawesi Untad menggelar “Pelatihan Identifikasi Tumbuhan” pada Sabtu (26/03/2022) yang diikuti perwakilan Mahasiswa dari berbagai fakultas bertempat di Meeting Room UPT. Sumber Daya Hayati Sulawesi Herbarium Celebense Untad.

Dalam sambutannya, Dr. Ramli, SP.,M.Si selaku Kepala UPT. Sumber Daya Hayati Sulawesi Untad menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya pelatihan kali ini.

“ Pelatihan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh UPT. Sumber Daya Hayati Sulawesi Untad yang sempat terjeda di tahun 2021 karena pandemi covid untuk mendukung program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) bagi Mahasiswa. Kami cukup intens terlibat dalam kegiatan penelitian dan pengabdian dimana pelatihan ini merupakan kegiatan pendidikan yang termasuk dalam aktivitas tri dharma perguruan tinggi. Output pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa yang nantinya setiap peserta akan diberikan sertifikat sebagai pendamping ijazah ketika proses penyelesaian studi. Sehingga ketika peserta pelatihan nanti telah menjadi alumni, maka peserta akan memiliki peningkatan kompetensi yang tersertifikasi dibidang identifikasi tumbuhan.” Ujar Dr. Ramli.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh M. Fajri Ramadhan M.Saleh, M.Si selaku narasumber terkait pengelolaan dan pengenalan tumbuhan. Lebih lanjut dalam materinya, narasumber memaparkan beberapa poin penting terkait identifikasi tumbuhan seperti ;

  1. Teknik Pengoleksian Sample Tumbuhan – Sample Herbarium
  2. Pengenalan ragam jenis tumbuhan (hotspot keanekaragaman hayati di Sulawesi Tengah)
  3. Kumpulan ciri/karakter Morfologi Merujuk Pada Kepastian Identifikasi Tingkat Famili. AA