Fakultas Kedokteran Untad Gelar Pengucapan Janji Dokter Muda Ke 30

  • Post author:

Bertempat di Aula Fakultas Kedokteran, acara “Pengucapan Janji Dokter Muda Ke 30” digelar pada Selasa (15/02/2022) Pagi yang diikuti sebanyak 124 dokter muda yang akan melanjutkan tahapan KOAS di beberapa Rumah Sakit di Sulteng.

Dalam pemaparannya, dr. Faridnan, SP.AN selaku Ketua Komite Koordinasi Pendidikan Fakultas Kedokteran menyampaikan bahwa sebagai ‘jembatan’ antara FK dan RS berharap agar para dokter muda dapat menyelesaikan tahapan KOAS tepat waktu.

“Pada hari ini sebanyak 124 dokter muda akan melanjutkan sesion kedua untuk melanjutkan proses pendidikan dokternya. Menjadi dokter merupakan proses yang tidak mudah dan masih perlu melewati beberapa tahapan lainnya. Para dokter muda sudah melewati tahap reklinik dan kemudian lanjut ke tahap kedua yakni pengambilan profesi dokter. Semoga bisa mendapatkan kelancaran dan harapannya sesuai dengan waktu penyelesaian yang tentu berbeda dengan angkatan sebelumnya karena menghadapi situasi pandemi. Delapan janji telah disebutkan dan harapannya bisa dipenuhi dan di tepati oleh 124 dokter muda. Kami sebagai dosen akan terus melakukan pembimbingan dalam proses ini.” Papar dr. Faridnan.

Dikesempatan yang sama, Dr. dr. Muh Ardi Munir, M.Kes.,Sp. OT.,FICS, MH selaku Dekan Fakultas Kedokteran berpesan agar para dokter muda bisa menjaga nama fakultas selama menjalankan proses KOAS kedepannya.

“ Kami berbahagia karena 124 mahasiswa FK angkatan 2018 telah tepat waktu dalam menyelesaikan studinya selama tujuh semester. Kami berharap 100% dokter muda dapat menyelesaikan proses ini tepat waktu. Profesi dokter adalah profesi yang penting dimasyarakat sehingga perlu untuk terus belajar dalam mengasah skill nya. Sebagai dekan, sebelum melepas anda semua ke RS, saya menitipkan pesan agar tetap menjaga nama baik Fakultas Kedokteran dan etika saat melaksanakan program KOAS. Terima kasih kepada orang tua para mahasiswa karena telah mendukung performa anaknya sebagai mahasiswa FK Untad. Menyebar 124 Mahasiswa di RS ditengah pandemi tentu membutuhkan pendidik klinis yang banyak yang merupakan peluang dan tantangan bagi kami yang harus dihadapi. FK Untad kedepan akan terus berkembang dan meningkatkan kualitas mengingat lulusan kami telah melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi ternama di Indonesia dan luar negeri.” Ujar dr. Muh Ardi Munir.

Dikesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor mengapresiasi Dekan bersama segenap civitas Fakultas Kedokteran Untad yang telah mengantarkan 124 dokter muda ke momen hari ini.

“Dalam menjalani proses KOAS tentu membutuhkan ketekunan, kejujuran dan menjunjung tinggi etika kedokteran sehingga dalam prosesnya nanti, anda semua berhasil untuk menjadi ahli dalam menjalankan profesi kedokteran tersebut. Kita berharap para dokter muda bisa menyelesaikan KOAS nya tepat waktu. Pastikan anda semua mematuhi janji yang telah anda ucapkan hari ini. Saya menitipkan 124 dokter muda kepada Ketua Komkordik dan pada kesempatan ini saya mengapresiasi Dekan dan seluruh civitas FK karena berhasil membimbing mahasiswa menjadi dokter muda sebanyak 90% dan saya meyakini FK mampu mendapatkan akreditasi unggul kedepannya.” Ujar Prof. Mahfudz. AA