International Office Untad Sosialisasikan Kiat Sukses Lolos Seleksi IISMA 2022 Kepada Mahasiswa S1

  • Post author:

Bertempat di IT Center Lantai II Untad, iO (International Office) Untad pada Selasa (25/01/2022) Pagi menggelar sosialisasi terkait “Kiat Sukses Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022” yang diikuti sebanyak 100 peserta yang berasal dari seluruh fakultas di Untad.

Dalam sambutannya, Prof. Ir. Marsetyo, M.Sc.,Ph.D selaku Kepala iO Untad menuturkan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan sosialisasi terkait IISMA 2022.

“ Acara ini dilaksanakan untuk mempersiapkan dan mendorong mahasiswa agar lebih siap untuk mengikuti program IISMA tahun ini. iO hadir untuk membantu memberikan pendampingan kepada para mahasiswa yang tertarik untuk mengikuti IISMA seperti tes bahasa inggris, wawancara serta kelengkapan dokumen/administrasi agar bisa qualified (memenuhi syarat). Semoga ditahun ini semakin banyak yang bisa berangkat dari Untad karena program ini merupakan salah satu indikator dari 8 indikator terkait indeks kinerja utama perguruan tinggi (mahasiswa berkegiatan belajar diluar kampus). Jika nantinya Mahasiswa asal Untad terpilih dalam program ini, seluruh nya akan ditanggung pemerintah mulai dari UKT, biaya hidup, pemberangkatan dll selama satu semester di puluhan perguruan tinggi terbaik kelas dunia. Pada tahun 2021 yang lalu, dari 2500 pendaftar se Indonesia, hanya 1000 Mahasiswa yang memenuhi syarat untuk berangkat. Dari sekian banyak peserta terpilih, Universitas Tadulako berhasil meloloskan 1 perwakilan yang nantinya akan membagikan pengalamannya pada kita semua hari ini. Kita berharap kemungkinan tahun ini akan lebih banyak yang terpilih.” Jelas Prof. Marsetyo.

Dikesempatan yang sama, Rektor yang diwakili Prof. Dr. Amar, ST.,MT selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama menyampaikan agar para peserta dapat memanfaatkan kesempatan belajar di luar negeri selama satu semester dengan  baik mengingat program ini tidak memiliki batas pendaftar.

“ Semoga setelah acara ini nantinya, akan banyak perwakilan dari Untad yang terpilih untuk mengikuti program IISMA yang harapannya satu fakultas satu Mahasiswa. Bahkan tidak menutup kemungkinan satu prodi satu perwakilan mengingat acara ini tidak memiliki batas kuota pendaftar. Oleh karenanya, Manfaatkan peluang ini untuk mendapatkan kesempatan yang sama dengan Isa yang merupakan mahasiswa Fakultas Teknik yang berkesempatan belajar selama satu semester di Irlandia.” Ujar Prof. Amar.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan penjelasan mengenai IISMA oleh Elisa Sesa, S.Si.,M.Sc.,Ph.D selaku Sekretaris iO Untad. Dalam penjelasannya, beliau menjelaskan bahwa program IISMA atau Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) merupakan program beasiswa Pemerintah Indonesia untuk mendanai mahasiswa sarjana Indonesia untuk program mobilitas di universitas terkemuka di luar negeri. Program ini dikelola oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud).

Mahasiswa sarjana dapat menghabiskan satu semester di universitas mitra luar negeri untuk belajar, merasakan budaya negara tuan rumah, dan melakukan tugas praktik untuk mengasah keterampilan mereka. Selain itu, peserta program IISMA juga mendapatkan manfaat berupa pendaftaran dan biaya kuliah, tunjangan transportasi, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tunjangan visa, serta tes PCR.

Persyaratan untuk mengikuti program IISMA, antara lain mahasiswa S-1 aktif (untuk semester 4-6, Warga Negara Indonesia), memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik (dibuktikan dengan sertifikat Bahasa Inggris; IELTS (6.0), TOEFL-iBT (78), Duolingo English Test (100)), mendapat rekomendasi dari universitas asal (dibuktikan dengan surat usulan wakil rektor bidang akademik), dan nilai IPK minimal 3.0 (menunjukkan transkrip akademik terakhir).

Pada kesempatan lainnya, Isa Hanif Emeraldi selaku Alumni IISMA 2021 asal Fakultas Teknik Untad membagikan pengalaman serta apa saja yang disiapkan sehingga terpilih untuk belajar selama satu semester di University of Limerick (UL) yang merupakan universitas terkemuka yang berlokasi di jantung Irlandia. UL menjadi salah satu universitas terbaik di Irlandia dengan nilai tinggi akan standar pengajarannya dan kualitas keluaran penelitian yang tinggi serta termasuk dalam 100 Universitas Muda Terbaik di Dunia, dengan peringkat ke-35 secara global akan dampak penelitian versi Times Higher Education.

Usai penjelasan dari pemateri, acara yang dipandu oleh Mukrim, S.Pd.,M.Ed.,Ph.D selaku Koordinator Outbound di iO Untad kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab antara peserta dengan narasumber. AA