Kuliah Umum FKIP Prodi PGSD Untad Angkat Tema Terkait Inovasi Penelitian Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0

  • Post author:

Untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang akademik dan penelitian, FKIP Untad Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) menggelar Kuliah Umum Metodologi Penelitian dengan mengangkat tema “ Inovasi Penelitian Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0 ” pada Selasa (08/10/2019) Pagi bertempat di Theater Room Universitas Tadulako.

Dalam sambutannya, Dr. Lukman Nadjamuddin, M.Hum selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menuturkan bahwa aktivitas tulis-menulis adalah persoalan keterampilan yang perlu di asah khususnya untuk yang berkecimpung di dunia akademik yang sering bertemu dengan  metode penelitian.

“ Pengetahuan yang kita miliki tentang metode penelitian tanpa di barengi dengan aktivitas menulis akan terasa kurang dan sia sia. Sehingga dengan sering berlatih menulis akan mengasah kemampuan kita utnuk menghasilkan karya yang lebih berkualitas. Semoga dengan ada nya kehadiran Prof. Dr. H. Sugiyono, M.Pd pada hari ini akan semakin membuka wawasan kita lebih mendalam terkait metode kepenulisan dan metode penelitian.” Papar Dr. Lukman.

Prof. Dr. Sugiyono merupakan Guru Besar Jurusan Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta yang telah menerima penghargaan dari Museum Rekor Indonesia sebagai Penulis Buku Terbanyak bidang metode penelitian. Sebelumnya Prof. Sugiyono juga dinobatkan sebagai Penulis Buku Terbanyak di Indonesia pada bidang Metode Penelitian oleh Persaudaraan Dosen Rebublik Indonesia (PDRI). Terhitung ada 16 buku bidang penelitian karya Prof. Sugiyono yang kerap dijadikan bahan referensi oleh banyak mahasiswa baik jenjang S1, S2 dan S3 di seluruh Indonesia. Selain tentang penelitian, Prof. Sugiyono juga aktif menghasilkan buku bidang fabrikasi, manajemen diklat dan, sosial-humaniora serta tema-tema kependidikan lainnya.

Buku-buku metode penelitian hasil karyanya sering menjadi literatur dalam mengerjakan karya ilmiah oleh dosen dan mahasiswa karena mudah dipahami. Beberapa karya Prof. Dr. Sugiyono diantaranya adalah “Metode Penelitian Kualitatif”, “Statistik Non-Parametris untuk Penelitian”, “Metode Penelitian Pendidikan”, “Metode Penelitian Tindakan Komprehensif”, “Cara Mudah Belajar SPSS & LISREL”, “Metode Penelitian Kebijakan”, “Statistika untuk Penelitian”, “Metode Penelitian dan Pengembangan”, “Metode Penelitian Kualitatif”, “Metode Penelitian Administrasi”, “Metode Penelitian Kombinasi” dan lain-lain.

Asriani, S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Panitia menuturkan bahwa kuliah umum ini turut di hadiri Mahasiswa dari berbagai Universitas di Kota Palu seperti IAIN Palu, UnisMu, Mahasiswa S1 Untad, Magister dan Doktor Pascasarjana Untad. Beliau turut menambahkan bahwa Tujuan di angkatnya tema terkait “ Inovasi Penelitian Pendidikan Di Era 4.0” agar peserta dapat memperoleh informasi dari pakar nya langsung terkait dengan perkembangan penelitian dan tantangan di Era Revolusi 4.0. Selain itu, Kuliah umum ini lanjutnya sangat penting dan cocok untuk seluruh kalangan yang berkecimpung di bidang akademik karena turut berkaitan metodologi penelitian. AA