Lima Mahasiswa Internasional Asal Thailand & Vietnam Berbagi Kesan Usai Selesaikan Studi S1 Di Untad

  • Post author:

Pada kesempatan Wisuda ke – 96 yang lalu, lima Mahasiswa Internasional asal Thailand dan Vietnam telah menyelesaikan pendidikan S1 di Universitas Tadulako dan telah mengikuti Wisuda pada hari Kamis (28/03/2019) Pagi Maret lalu. Kelima Mahasiswa tersebut diantaranya Suraina Somnuek dan Areeya Milehman Jurusan Kimia – FKIP yang menyelesaikan studi selama 3 tahun – 8 bulan – 21 hari, bersama Doan Phi Long & Pham Heu Nhat Jurusan Pend. Bahasa Indonesia serta Le Anh Thu jurusan Ilmu Komunikasi – FISIP dengan masa studi 3 tahun – 6 bulan – 20 Hari.

Ditemui di International Office Untad usai acara Wisuda, Dua Mahasiswa asal Thailand, Suraina dan Areeya, menuturkan rasa bahagianya dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Dosen dan sahabat yang telah membimbing dan membantunya dalam proses perkuliahan selama di Untad.

” Kami berdua banyak mendapatkan dukungan dari para Dosen selama berkuliah di Untad. Selain itu, kami juga banyak mendapatkan teman yang baik dan membantu kami selama belajar berbahasa indonesia. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih yang besar untuk seluruh keluarga besar Universitas Tadulako.” Tutur Suraina Mahasiswa asal Thailand tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Ketiga Mahasiswa asal Vietnam turut menuturkan bahwa Universitas Tadulako merupakan perguruan tinggi yang baik secara fasilitas belajar dan suasana sehingga pengalaman belajar Bahasa Indonesia di Untad merupakan pengalaman yang berharga.

“Saya belajar di Untad murni karena saya ingin belajar Bahasa Indonesia dan bukan untuk menjadi guru. Saya senang bisa belajar dan mempelajari budaya Indonesia di Universitas Tadulako.” Tutur Doan Phi Long.

Dikesempatan yang sama, Le Anh Thu – Mahasiswa asal Vietnam  memaparkan bahwa peristiwa Gempa yang melanda kota Palu pada September 2018 yang lalu sempat menjeda proses studi nya. Namun dibalik peristiwa tersebut, Le mengaku bahwa ada hikmah yang didapatkannya.

” Saat gempa terjadi, saya dan kawan-kawan asal Vietnam langsung di evakuasi ke Jakarta tepatnya di ke Kedutaan Vietnam untuk Indonesia dan sempat kembali ke Vietnam. Setelah kembali ke Palu lagi, saya pun mendapatkan tawaran untuk bekerja di ke Kedutaan Indonesia untuk Vietnam. Usai lulus dari Jurusan Komunikasi Untad, saya akan mencoba untuk mengambil kesempatan tersebut.” Papar Le Anh Thu.

Selain itu, Areeya Milehman asal Thailand menuturkan tetap ingin melanjutkan pendidikannya di Indonesia. Khusus untuk Magister, ia akan melanjutkan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah Malang. 

Doan Phi Long dan Pham Heu Nhat asal Vietnam ingin menggunakan ilmu mereka untuk bekerja ataupun berwirausaha di Vietnam mengingat masih sedikitnya SDM yang mampu berbahasa Indonesia di Vietnam.

 

Moment Foto Bersama Wisudawan Mahasiswa International dengan Kepala dan Staff International Office Untad *Momen minus Mahasiswi asal Vietnam, Le Anh Thu – Lulusan Ilmu Komunikasi Untad



Sekali lagi, Selamat untuk Seluruh Mahasiswa Internasional yang baru saja menyelesaikan Studinya di Universitas Tadulako. AA