Untad dan BPJPH Kemenag RI Tandatangani Kerjasama Terkait Jaminan Produk Halal & Pengembangan Kelembagaan

Untad dan BPJPH Kemenag RI Tandatangani Kerjasama Terkait Jaminan Produk Halal & Pengembangan Kelembagaan

Berdasarkan nota kesepahaman No. 2720/UN.28/KS/2020, pada Sabtu (22/02/2020) Siang, Prof.Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad bersama Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia sepakat menandatangani MoU Kerjasama di bidang penjaminan Produk Halal dan Pengembangan Kelembagaan di hadapan Para Wakil Rektor, Dekan dan Mahasiswa bertempat di Aula Lama Fakultas Kedokteran Untad.

Dalam sambutannya, Prof. Mahfudz menyambut hangat kedatangan Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D di Untad sekaligus menuturkan bahwa rencana kerjasama dengan pihak Kemenag RI terkait BPJPH telah di tawarkan sebelumnya kepada Universitas Tadulako namun baru dapat direalisasikan pada kesempatan hari ini yang telah di inisiasi oleh Prof. Dr. Ir. Amar, ST.,MT selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad.

“ Tujuan kerjasama ini salah satunya agar Untad dapat menjadi ‘laboraturium’ yang bisa mengeluarkan sertivikasi halal untuk produk UMKM dll di Sulawesi Tengah. Saat ini telah ada beberapa alat dan tim yang disiapkan agar Untad kedepannya layak untuk dikatakan sebagai kampus tersertivikasi ISO khusus untuk Laboraturium identifikasi produk halal. Semoga amanah yang diberikan oleh BPJPH Kemenag RI kepada Untad mampu untuk direalisasikan kedepannya.” Ujar Prof. Mahfudz.

Dikesempatan yang sama, Prof. Ir. Sukoso, M.Sc, Ph.D selaku Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia memaparkan materi dengan judul “MEMPERSIAPKAN STANDARD HALAL MENUJU KOMPETISI GLOBAL” yang banyak membahas terkait sejarah singkat ‘halal’ di Indonesia, dasar hukum lahirnya BPJPH, dasar hukum pelaksanaan jaminan produk dan wewenang BPJPH serta posisi Indonesia dalam Industri Halal di tingkat Global.

Usai pemaparan materi, acara kemudian di lanjutkan dengan penandatanganan MoU yang nantinya akan berlaku hingga lima tahun kedepan sejak ditandatangani oleh Universitas Tadulako dan BPJHP Kemenag RI kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cendramata dan di tutup dengan foto bersama. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!