Agustus 20, 2019

Rektor Bersama IPCC Untad Publikasikan Artikel Ilmiah Ke Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus

Rektor Bersama IPCC Untad Publikasikan Artikel Ilmiah Ke Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus

Bertempat di Ruang International Publication & Collaborative Center (IPCC) Lantai III – Gedung Rektorat Untad, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad bersama Tim IPCC secara simbolis menginput Artikel Ilmiah untuk dipublikasikan ke Jurnal International Bereputasi Terindeks Scopus pada Selasa (02/07/2019) Pagi yang turut dihadiri Para Wakil Rektor serta Para Dekan dari berbagai Fakultas.

Dalam acara tersebut, Jurnal Ilmiah kategori Manajemen dengan judul “ Perception of Employees Towards Organizational Change and Leadership in Banking Industry in Central Sulawesi ” yang ditulis oleh tim Wahyuni Adda, Hamida Natsir, Syahir Buntuang, Pricylia Rossanty dan Niluh Putu menjadi Jurnal yang diinput secara simbolis untuk dipublish di Jurnal Internasional Bereputasi Terindeks Scopus.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr.Ir. Muhammad Basir, SE.,MS selaku Ketua IPCC Untad menuturkan bahwa tahun ini sekitar 21 Jurnal secara bertahap akan dikirimkan ke Jurnal terindeks Scopus.

“ Sesuai dengan arahan Kemenristekdikti yang  menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi harus meningkatkan publikasi artikel di jurnal internasional, momen ini diharapkan dapat mendorong para Dekan untuk menghimbau para Dosen lainnya agar dapat meningkatkan artikel-artikel ilmiah yang bereputasi internasional karena Untad memiliki cita cita besar untuk menjadi World Class University. Jika melihat kondisi selama ini, kendala yang cukup banyak dihadapi oleh para dosen adalah bahasa inggris sehingga IPCC hadir untuk membantu hal tersebut selama konten tulisannya telah baik dan memenuhi untuk diterbitkan.” Papar Prof. Basir.

Beliau turut menambahkan bahwa publikasi Internasional saat ini menjadi salah satu penilaian kualitas Perguruan Tinggi sehingga penting untuk ditingkatkan dikalangan para Dosen. Biasanya durasi yang dibutuhkan artikel ilmiah untuk terpublish di jurnal internasional membutuhkan waktu paling cepat sekitar 4-6 bulan dan maksimal 1-2 tahun.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad optimis bahwa keinginan beliau yang menargetkan 125 jurnal internasional  bereputasi terindeks Scopus dapat terealisasikan kedepannya.

“ Jika melihat akumulasi jumlah Artikel Ilmiah yang akan disubmit pada tahun ini sebanyak 21 jurnal ditambah dengan jurnal  dari International Conference yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Fakultas Teknik  dan FMIPA, maka jumlah jurnal internasional bereputasi terindeks scopus akan dapat melebihi target. Meskipun begitu, dari 1.480 Dosen yang ada, jumlah Jurnal Internasional Bereputasi yang dihasilkan masih sangat minim. Sehingga besar harapan saya dengan adanya momen ini dapat memotivasi para Dosen untuk semakin giat menghasilkan Jurnal Ilmiah berskala Internasional.” Ujar Prof. Mahfudz.

Beliau turut menambahkan agar kedepannya kegiatan penelitian yang dilakukan oleh para Dosen lebih berbasis pada aktivitas publikasi daripada sekedar membuat laporan penelitian. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.