Januari 16, 2021

Prodi Magister Teknik Sipil Untad Gelar Workshop Terkait Penulisan Karya Ilmiah & Publikasinya

Prodi Magister Teknik Sipil Untad Gelar Workshop Terkait Penulisan Karya Ilmiah & Publikasinya

Untuk meningkatkan SDM para dosen dan mahasiswa dalam hal Penulisan Karya Ilmiah dan Publikasi, Program Studi Magister Teknik Sipil Untad menggelar Workshop Online/Offline dengan tema “Penulisan Karya Ilmiah & Publikasinya” pada Sabtu (21/11/2020) Pagi bertempat di Hotel Santika Palu. Workshop mengundang Prof. Dr. Ir. Lily Montarcih Limantara, M.Sc selaku Guru Besar Universitas Brawijaya dengan profil sebagai berikut ;

  1. Dosen Fakultas Teknik UB (sejak 1987-kini)
  2. Pemenang ke-2 LKTI, 1986 (penyelenggara ITB), pernah mendapat penghargaan dari UT dalam pembuatan modul Matematika
  3. Ka Lab Persungaian, Ka Lab Hidrologi, Ka KDK Manajemen Air, Ka KDK PSDA, Ka KDK Pemanfaatan dan Pendayagunaan SDA
  4. Juara I penulis jurnal internasional scopus UB 2020, Giraft award
  5. Ketua Program Studi S3 Teknik Sumber Daya Air (TSDA), Jurusan Pengairan Fakultas Teknik UB, 2017-sekarang
  6. Reviewer International Journal of Geomate. Japan (Q3) dan Journal of Water and Land Development, Polandia, Q2

Dalam materinya yang berjudul “Kiat Praktis Menulis dan Submit Artikel”, Prof. Dr. Ir. Lily Montarcih Limantara, M.Sc menuturkan tips dan pengalaman beliau dalam proses pembuatan jurnal international scopus.

“ Dalam penulisan jurnal, abstrak tidak boleh terlalu panjang namun tidak boleh juga terlalu pendek. Isinya tidak perlu bertele – tele dan langsung memaparkan tujuan penelitiannya apa. Metodologinya pun tidak perlu panjang dalam memaparkan cara melakukan penelitian. Abstrak itu adalah sesuatu yang “dijual” sehingga harus jelas secara keseluruhan tanpa dipaparkan terlalu panjang. Selain itu, dari pengalaman-pengalaman saya menulis ratusan jurnal, jurnal kita harus memuat cuplikan dari beberapa jurnal internasional sehingga sebelum membuat tulisan jurnal kita perlu mempersiapkan apa saja jurnal internasional yang mau kita jadikan cuplikan (bukan copy paste). Pokok masalah dan tujuan kita sampaikan, tiga paragraf sudah cukup.” Papar Prof. Lily.

Beliau kemudian turut memperlihatkan contoh jurnal internasionalnya “Calibration of Synthetic Unit Hydrograph” yang pernah terindeks scopus kepada para peserta online/offline.

Ditemui usai acara, Dr. Ir. Tutang Muhtar Kamaludin ST.,M.Si selaku ketua Panitia Workshop menuturkan maksud dan tujuan pelaksanaan workshop.

“ Hari ini Prodi Magister Teknik Sipil Untad mengadakan workshop online dan pagi sebelumnya kami telah mengadakan evaluasi terkait pembelajaran magister teknik sipil Untad serta penguatan output dan outcome alumni Magister teknik sipil. Latar belakang pelaksanaan kegiatan ini untuk melakukan peningkatan akreditasi dan kebutuhan civitasi. Narasumber adalah koordinator program S3 sumber daya air Universitas Brawijaya dan reviewer International Jurnal untuk di Jepang dan Polandia. Peserta berasal dari dosen dan mahasiswa magister teknik sipil Untad. Terkait kegiatan ini, kami ingin mendorong dosen dan juga mahasiswa agar sebelum lulus nantinya dapat menulis karya ilmiah yang baik dan tetap aktif menulis sehingga dapat berpeluang kedepannya untuk mempublikasi karya ilmiah berstandar international scopus.” Ujar Dr. Tutang.

Usai pemaparan, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab antara pemateri dengan peserta online dan offline. Momen workshop selengkapnya dapat dilihat disini. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!