September 19, 2019

Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa Untad Siap Berkompetisi Tingkat Nasional Di Malang

Mobil Hemat Energi Karya Mahasiswa Untad Siap Berkompetisi Tingkat Nasional Di Malang

Untuk ke tujuh kalinya, Tim Mahasiswa Universitas Tadulako akan ikut serta dalam Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 yang akan di gelar pada 24 – 28 September mendatang di Universitas Negeri Malang. KMHE merupakan program tahunan yang di adakan oleh Menristekdikti melalui Belmawa dan pertama kali diikuti oleh Untad pada tahun 2013 yang pada saat itu menjadi satu satunya perwakilan perguruan tinggi dari Indonesia Timur.

Sehingga acara Pelepasan Tim Mahasiswa Teknik Mesin Untad yang akan berlaga di Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 digelar pada Jumat (13/09/2019) Pagi bertempat di depan Gedung Rektorat Untad yang dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor Bidang akademik, Dekan Fakultas Teknik beserta Wakil Dekan, Ketua Jurusan Teknik Mesin serta perwakilan Mahasiswa Teknik Mesin Untad.

Dalam pemaparannya, Mohammad Amin Tadji selaku Pembina Otoriter Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Untad menuturkan bahwa rancangan dua mobil hemat energi  mereka  dibuat dalam kurun waktu satu bulan bersama 6 perakit dan 7 tim teknisi lainnya. Saat dilakukan uji coba, Mobil Hemat Energi rakitan mereka dapat menempuh sekitar 155 KM dengan satu liter bensin saja. Sedangkan untuk mobil listrik sendiri, energi yang digunakan adalah baterai 48 volt dan motor 1000 watt yang dapat menempuh 120 KM apabila di cas kurang dari satu jam saja.

Mohammad Amin yang juga Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Angkatan 2017 menuturkan bahwa sebelumnya, Tim Untad telah mengukir prestasi di ajang KMHE sejak tahun 2013 diantaranya ;

  1. Tahun 2013 (Urban Bensin) mendapatkan Penghargaan peserta terjauh di ITS Surabaya.
  2. Tahun 2014 (Urban Bensin dan Urban Diesel) mendapatkan Peringkat keempat kelas Urban Bensin di Malang.
  3. Tahun 2015 ( Urban Bensin & Prototype Bensin)mendapatkan Peringkat keempat dan Best Desain Urban Bensin di Malang.
  4. Tahun 2016 (Urban Diesel) Peringkat keempat urban diesel di UGM Jogjakarta.

Dikesempatan yang sama, Dr. Ir. Sagaf, MP selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dalam sambutannya mengapresiasi dan menuturkan rasa bangganya kepada tim Mahasiswa Untad yang telah maksimal dalam merancang Mobil Hemat Energi yang akan berlaga di tingkat Nasional di Malang.

Beliau juga menuturkan akan mendukung secara penuh tim Mahasiswa yang akan berangkat mewakili Untad serta mendoakan yang terbaik sehingga diharapkan dapat mengukir prestasi di Kontes Mobil Hemat Energi 2019 di Universitas Negeri Malang nantinya. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!