Agustus 12, 2020

LPPM Untad Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Donggala Terkait Program KKN

LPPM Untad Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Donggala Terkait Program KKN

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tadulako (Untad) menjalin kerjasama dengan pemerintah Kabupaten Donggala dalam rangka pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN ) dan Pengabdian Masyarakat. Dalam pertemuan bersama bupati Donggala, Drs Kasman Lassa SH MH, Ketua LPPM Untad pada Jumat, ( 29/11) Dr Muhammad Rusydi memaparkan bahwa program KKN dan Pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh LPPM Untad ke depannya diharapkan dapat memiliki dampak yang signifikan bagi kemajuan sebuah desa dan berkelanjutan.


“Kami mencoba akan mengubah paradigma mengenai KKN. Bila dulu kami hanya mengukur bahwa keberhasilan mahasiswa KKN memperoleh nilai A,namun kedepannya KKN harus dapat memecahkan masalah dan peningkatan kesejahteraan di desa tempat mereka KKN” terang Dr Muhammad Rusydi.
Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa model KKN akan dirubah dari model reguler menjadi model mitra dimana program KKN diharapkan dapat membantu pencapaian visi misi daerah. Selain itu, akan dilaksanakan KKN Model inisiatif yaitu model KKN yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih lokasi dan waktu  KKN, serta KKN model desa Binaan, dimana pembangunan program sesuai dengan kebutuhan daerah .


Untuk itu agar pelaksanaan Program KKN dan Pengabdian Masyarakat ini dapat terlaksana dengan baik tentunya harus ada sinergi antara Untad dan Pemerintah Daerah. Menyikapi hal tersebut, Bupati Donggala,Drs Kasman Lassa SH MH menyambut dengan baik program LPPM ini.
Drs Kasman Lassa mengamini bahwa pemerintah daerah seharusnya tidak menutup mata dalam pelaksanaan program KKN perguruan tinggi sehingga antara mahasiswa dan masyarakat dapat saling bersinergi.
“Hal yang diinginkan oleh Pemda dan Perguruan Tinggi tentunya harus sejalan agar program yang dijalankan bisa sesuai dengan kebutuhan desa dan benar benar berdampak bagi masyarakat”Kata Drs Kasman Lassa.

Pertemuan yang dilaksanakan di rumah jabatan bupati Donggala ini turut dihadiri oleh Kepala OPD terkait, yang nantinya akan bersinergi dalam pelaksanaan KKN Mitra. Diharapkan bahwa Kabupaten Donggala dapat menjadi role model untuk pelaksanaan KKN model baru ini. (RFS/Humas Untad)

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!