Kuliah Umum Prodi Bimbingan & Konseling FKIP Untad Hadirkan Ketua Asosiasi BK Indonesia

Kuliah Umum Prodi Bimbingan & Konseling FKIP Untad Hadirkan Ketua Asosiasi BK Indonesia

Bertempat di Aula FMIPA Untad, Kuliah Umum Prodi BK FKIP Untad yang mengangkat tema “ Peran Konselor di Era Revolusi Industri 4.0” digelar pada Rabu (27/02/2019) Pagi dengan menghadirkan narasumber sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN), Dr. Muh Farozin, M.Pd.

Kuliah umum yang dibuka langsung oleh dekan FKIP, Dr. Lukman, M.Hum dihadiri oleh segenap Mahasiswa Prodi Bimbingan & Konseling yang menerima banyak materi seputar Era Revolusi Industri 4.0 dalam mempengaruhi Peran Konselor.

Dr. Muh Farozin dalam materinya memaparkan bahwa para konselor di era revolusi 4.0 harus banyak memahami dan memanfaatkan teknologi Informasi untuk memaksimalkan peran konselor.

“ Konselor di era revolusi 4.0 dituntut untuk mampu memanfaatkan teknologi dan informasi agar dapat memahami karakteristik peserta didik yang saat ini banyak didominasi oleh generasi milenial yang sudah terbiasa dengan teknologi (gadget). Oleh karena itu, para konselor harus memiliki kesiapan untuk memberikan layanan BK di sekolah, keluarga dan masyarakat dengan pendekatan layanan BK berbasis IT yang berkembang kian pesat.” Papar Dr. Farozin.

Beliau turut menambahkan agar para konselor harus terus berlatih untuk menggunakan alat teknologi dan mendukung sekolah dalam upaya penyediaan fasilitas jaringan untuk kepentingan penyelengaraan pendidikan bermutu.

Usai pemaparan materi oleh Ketua ABKIN, acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta kuliah umum.

Selain mengisi Kuliah Umum, kunjungan tim Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) juga turut melakukan aksi sosial dengan memberikan bantuan tas sekloah kepada para siswa/i di SMK dan SMA Muhammadiyah Kota Palu. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.