International Office Untad Bersama BRIN Gelar FGD Terkait Pembangunan Ekonomi Hijau & Kondisi Sosial Demografi Penduduk

International Office Untad Bersama BRIN Gelar FGD Terkait Pembangunan Ekonomi Hijau & Kondisi Sosial Demografi Penduduk

Pada Kamis (23/06/2022) Pagi, International Office (iO) Untad bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggelar FGD Pendalaman dengan mengangkat tema “Pembangunan Ekonomi Hijau dan Kondisi Sosial Demografi Penduduk Indonesia : Mewujudkan Kesejahteraan Penduduk dan Lingkungan Berkelanjutan” bertempat di Lantai I Media Center Untad.

Dalam sambutannya, Nawawi Asmat, Ph.D selaku Kepala Pusat Riset Kependudukan BRIN memaparkan maksud dan tujuan penyelenggaraan FGD di Untad.

“ Tujuan FGD Pendalaman ini diantaranya untuk mengetahui pandangan akademisi/organisasi/komunitas tentang ekonomi hijau di Sulawesi Tengah terutama pada pengelolaan mangrove dan pengelolaan sampah serta mengetahui faktor pendukung/penghambat implementasi serta pengaruh praktik ekonomi pada pengelolaan mangrove dan pengelolaan sampah. Kami melaksanakan kegiatan seperti ini di seluruh provinsi di Indonesia yang hasilnya nanti akan kami share pada pertemuan penting dunia yang akan dilaksanakan di Indonesia yakni G20 november mendatang.” Ujar Pak Nawawi.

Dikesempatan yang sama, Prof. Ir. Marsetyo, M.Sc.,Ph.D selaku Kepala iO (International Office) Untad menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak atas terselenggaranya FGD kerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

“  Tema hari ini berkaitan dengan visi misi universitas kami (Untad) sehingga kami mengucapkan terima kasih kepada Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang melibatkan Untad atas terselenggranya FGD strategis ini yang turut dihadiri perwakilan akademisi, NGO, Komunitas Hijau dan organisasi terkait.Harapannya dari FGD ini dapat memberikan informasi bermanfaat terkait ekonomi hijau dan kesejahteraan yang berkelanjutan.” Ujar Prof. Marsetyo.

Usai sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh berbagai narasumber diantaranya ;

  • “Pembangunan Ekonomi Hijau dan Kondisi Sosial Demografi Penduduk Indonesia : Mewujudkan Kesejahteraan Penduduk dan Lingkungan Berkelanjutan” oleh Anggi Afriansyah, S.Pd.,M.Si (Peneliti Pusat Riset Kependudukan BRIN)
  • “Pengelolaan Mangrove bagi Kesejahteraan Masyarakat Pesisir di Sulteng ; Problem, Peluang dan Tantangan” oleh Dr. Bau Toknok, S.P.,M.P selaku Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kehutanan Universitas Tadulako
  • “Pengelolaan Sampah dan Pemanfaatannya untuk Kesejahteraan Masyarakat ; Pengalaman di Palu, Sulawesi Tengah oleh Dra. Vanny MA, M.Sc, Ph.D selaku Dosen Prodi Kimia FKIP Untad yang pernah terlibat dalam program lingkungan kerjasama Palu Indonesia dan Boras Swedia.

Setelah pemaparan materi, acara kemudian dilanjutkan dengan sharing session dan sesi tanya jawab antara pemateri dan peserta. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: No Right Klik and Copy!!