November 14, 2019

Dies Natalies Ke 36, Fakultas Teknik Untad Gelar Seminar Nasional & Pelantikan Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Sulteng

Dies Natalies Ke 36, Fakultas Teknik Untad Gelar Seminar Nasional & Pelantikan Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah Sulteng

Dalam rangka Dies Natalies Fakultas Teknik Untad ke 36, Kegiatan Seminar Nasional dengan tema “ Peran dan Tantangan Tenaga Teknik Profesional Dalam Pembangunan Nasional di Era Revolusi Industri 4.0 ” yang di rangkaikan dengan Penandatanganan MoU antara Universitas Tadulako dan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia di gelar pada Rabu (23/10/2019) Pagi bertempat di Media Center Untad.

Dalam sambutannya, Dr.(Eng) Ir. Andi Rusdin, ST.,MT selaku  Dekan Fakultas Teknik Untad menuturkan bahwa saat ini Fakultas Teknik memiliki 12 prodi yang tersebar di 5 jurusan (9 Prodi Akademik, 8 Prodi S1, 1 Prodi S2, 3 Prodi D3). Diharapkan kedepannya Fakultas Teknik Untad bisa mendapatkan izin dari Kemendikbud – Dikti agar dapat melaksanakan pendidikan profesi khususnya di bidang profesi Insyinur.

“ Jumlah Mahasiswa yang terdaftar saat ini di Fakultas Teknik berjumlah 4.285 dan 191 tenaga dosen serta 72 tenaga kependidikan. Jumlah alumni yang tercatat sejak tahun 2018 berjumlah 5.119 yang tentu telah banyak memberikan kontribusi dan produktif kepada pembangunan di Sulawesi Tengah. Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terutama Rektor beserta seluruh jajarannya yang telah mendukung kami dalam melakukan pengembangan di Fakultas Teknik. Kepada seluruh civitas akademik Fakultas Teknik, kami mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kontribusi selama ini untuk memajukan fakultas kita.” Papar Dr. Ir.  Andi Rusdin.

Di kesempatan yang sama, Ir. Faizal Safa, M.Sc., IPU., ASEAN Eng. Selaku Direktur Eksekutif PII turut memaparkan bahwa jumlah Insinyur di Indonesia masih terbilang cukup rendah.

“ Hari ini jumlah Insinyur di Indonesia masih terbilang cukup rendah. Saat ini Indonesia membutuhkan sekitar 50 juta Insinyur sedangkan yang memenuhi syarat dan memiliki kapabilitas saat ini baru sekitar 2.500 insinyur. Sehingga PII perlu mendorong agar pertumbuhan insinyur di Indonesia salah satunya di Universitas Tadulako dapat terus meningkat setiap tahunnya.” Terang Ir. Faizal.

Pada kesempatan lainnya, Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP selaku Rektor Untad dalam sambutannya menyambut hangat kehadiran Prof. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc, IPU, ASEAN Eng. Selaku Ketua Program Profesi Insinyur PII serta mengharapkan agar Fakultas Teknik Untad dapat semakin produktif dan inovatif di moment Dies Natalies Fakultas Teknik yang ke 36.

“ Di momen Dies Natalies ini, saya berharap agar para akademisi Fakultas Teknik dapat terus proaktif dan inovatif untuk berkarya dan ‘menjual’ ide nya. Selain itu, dalam periode ini, Fakultas Teknik nantinya akan melahirkan 2 – 3 orang dosen teknik yang akan menjadi Professor. Melihat perkembangan Fakultas Teknik, Saya meyakini bahwa Fakultas Teknik akan mendapatkan rekomendasi untuk melakukan pendidikan profesi insinyur kedepannya.” Papar Prof. Mahfudz.

Usai sambutan-sambutan, acara kemudian dilanjutkan dengan melantik Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia Wilayah dan Cabang-Cabang se Sulawesi Tengah di antaranya ;

Download (PDF, Unknown)

Acara kemudian di lanjutkan dengan Seminar Dies Natalies Fakultas Teknik ke 36 yang menghadirkan beberapa narasumber di antaranya ;

  1. Dr. Ir. Djoko Santoso, M.Sc, IPU, ASEAN Eng (Guru Besar Teknik Geofisika ITB/Mantan Rektor ITB)
  2. Dr. Ir. Amar, ST., MT., IAI.,IAP.,IPU.,ASEAN Eng. ( Wakil Rektor Bidang Pengembangan dan Kerjasama Untad)
  3. Faizal Safa, M.Sc., IPU., ASEAN Eng. (Direktur Eksekutif PII Pusat)
  4. Ir. Arief Kusuma Among Praja, MBA (Ketua Program Profesi Insinyur PII Pusat). AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: No Right Klik and Copy!!