Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi 2019, Total Kuota Untad Sebanyak 8.705 Mahasiswa

Buka Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi 2019, Total Kuota Untad Sebanyak 8.705 Mahasiswa

Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri Untad kembali dibuka untuk tahun 2019. Hal tersebut telah disampaikan langsung oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Untad pada Selasa (12/02/2019) Siang di Ruang Cef-Inap Gedung Rektorat Lantai III.

Dalam kesempatan tersebut, Prof. Dr. Sutarman Yodo SH., MH selaku Wakil Rektor Bidang Akademik sekaligus Ketua Panitia memaparkan bahwa terdapat perubahan yang signifikan dalam seleksi penerimaan mahasiswa khususnya pada pelaksanaan SBMPTN.

“ Pada SBMPTN tahun ini, seluruh tes nantinya akan berbasis UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Jika pada tahun-tahun sebelumnya para pendaftar memilih program studi/jurusan terlebih dahulu, maka tahun ini peserta ujian harus mengikuti ujian sebelum memilih perguruan tinggi, prodi/jurusan yang diminati. Peserta boleh mengikuti tes maksimal 2 kali dengan ketentuan untuk UTBK bidang Saintek sebanyak satu kali atau bidang SosHum sebanyak satu kali. Atau bidang Saintek dua kali dan atau bidang SosHum dua kali. Selain itu, peserta yang nantinya telah lolos pada tahap SNMPTN tidak bisa lagi mendaftar pada jalur SBMPTN.” Jelas Prof. Sutarman.

Beliau yang turut didampingi Sekretaris Panitia, Rudy Gosal SE., M.Si bersama Koordinator Humas Panitia, Dr. Darsikin M.Si menambahkan bahwa tahapan pelaksanaan SBMPTN tahun ini telah diserahkan kepada pihak LTMPT Untad sebagai lembaga permanen yang telah mendapatkan SK langsung dari Kemenristekdikti.

Dr. Darsikin pada kesempatan yang sama memaparkan bahwa total kuota sebanyak 8.705 Mahasiswa Baru dibagi menjadi tiga bagian diantaranya 20% untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau sebanyak 1.829 Mahasiswa kemudian 40% untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau sebanyak 4.265 Mahasiswa dan 30% untuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) atau sebanyak 2.611 Mahasiswa.

Dikesempatan lainnya, Sekretaris Panitia, Rudy Gosal SE., M.Si memaparkan bahwa untuk melaksanakan ujian berbasis komputer tersebut, pihak Untad akan menyediakan kurang lebih sekitar 900 komputer yang ada di Untad sekaligus bekerjasama dengan beberapa sekolah pendukung seperti SMAN 1 Palu, SMA Madani, SMKN 1 Palu, SMKN 2 Palu, SMKN 3 Palu dan SMK BK Palu.

Pendaftaran untuk tahap pertama akan dimulai pada tanggal 1 – 24 Maret 2019 kemudian tahap kedua pada tanggal 25 Maret – 1 April 2019. Sedangkan untuk ujian tahap pertama akan dilaksanakan dari tanggal 13 April – 4 Mei 2019 dan ujian tahap kedua tanggal 11 – 26 Mei 2019. Materi tes meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). Hasil ujian akan keluar 10 hari setelah ujian UTBK dilaksanakan.

Setelah melewati tahap ujian dan mendapatkan hasil ujiannya, calon Mahasiswa akan mendaftar diperguruan tinggi, prodi/jurusan yang diminati sesuai dengan kuota dan passing grade kampus tujuan yang waktu pendaftarannya pada tanggal 10 – 24 Juni 2019 dan pengumumannya pada 9 Juli 2019.

Untuk membantu mahasiswa yang akan mendaftar SBMPTN 2019, Universitas Tadulako akan membuka posko pusat informasi di Area Rektorat yang bekerjasama dengan Humas Untad. Untuk informasi seputar SBMPTN selengkapnya dapat dilihat disini. AA

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.