Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, UPA Sumber Daya Hayati Sulawesi Untad Lakukan Penanaman Pohon

Rabu (05/06/2024) Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Unit Penunjang Akademik Sumber Daya Hayati Sulawesi (UPA SDHS) Universitas Tadulako  melaksanakan kegiatan penanaman pohon di lingkungan kampus, khususnya di sekitar kantor UPA SDHS. Penanaman pohon tersebut dilaksanakan langsung oleh ketua UPA SDHS bersama timnya.

Ketua UPA SDHS Untad, Dr. Ir. Fadly Y. Tantu, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah salah satu program yang dijalankan oleh UPA SDHS untuk memperingati hari lingkungan hidup sedunia.

“Hari ini adalah hari lingkungan hidup sedunia, kita dari unit penujang akademik sumber hayati Sulawesi  yang diberikan tugas untuk mengoleksi tumbuhan maupun hewan yang ada di Sulawesi, merayakannya dengan menanam pohon seperti ini sebagai simbol bahwa kita merawat bumi,”tuturnya.

Dr. Ir. Fadly Y. Tantu juga menambahkan bahwa merawat bumi harus menjadi tanggung jawab semua orang.

“Setiap anggota staf di UPA SDHS menanam satu pohon, dengan komitmen untuk merawat dan mengasuh pohon tersebut hingga tumbuh besar,”imbuhnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat mencerminkan visi Untad mengenai lingkungan hidup yang berkelanjutan. Dr. Fadly berharap agar ada kebijakan dari Rektor yang menetapkan setiap dosen baru dan tenaga kependidikan (tendik) untuk menanam dan mengasuh satu pohon.

“Ini adalah program besar yang akan diusulkan menjadi program resmi universitas. Saya kira ini mewakili visi Untad tentang lingkungan hidup, tinggal diatur pelaksanaannya,”pungkasnya.

Dengan adanya program ini, ketua UPA SDHS berharap seluruh civitas akademika Untad semakin peduli dan aktif dalam menjaga serta melestarikan lingkungan kampus, menciptakan lingkungan yang hijau dan berkelanjutan. ST