Tim Robotec Untad Ikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah I & II Tahun 2024

  • Post author:

Diikuti secara daring sejak tanggal 30 Mei – 01 Juni 2024, Tim Robotec Untad telah selesai mengikuti Kontes Robot Indonesia (KRI) Tingkat Wilayah I dan II bertempat di Islamic Center Untad.  

KRI adalah kegiatan kompetisi tahunan mahasiswa dalam bidang rancang bangun dan rekayasa robotika yang dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa pada perguruan tinggi di  wilayah Republik Indonesia, dari berbagai K/L atau kedinasan, yang tercatat pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. 

Dalam kompetisi tersebut, Tim Robotech Untad diwakili oleh beberapa tim seperti RATARO dari divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), NANOPA dari divisi Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), PEBETA dari divisi Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), SCADA-RT dari divisi Kontes Robot Beroda Indonesia (KRSBI) dan INCREDIBBLE dari divisi Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI). 

Perwakilan Tim Robotec Untad menuturkan bahwa mereka telah mempersiapkan robot dari jauh hari tepatnya pada bulan Februari 2024.  

“ Setiap tahun, tema lomba selalu berbeda sehingga kami perlu membuat robot dari awal mengikuti peraturan yang telah disosialisasikan oleh panitia KRI2024” ujarnya. 

Rangkaian Seleksi KRI  harus memenuhi seleksi tahap 2 yaitu pembuatan video perkembangan robot serta laporan kemajuannya yang akan jadi penentu apakah tim dapat melanjutkan untuk kontes tahap regional. 

“ Untuk proses pembuatan robot biasa nya kami melakukan Pembuatan mekanik robot termasuk pembuatan chasis, rangka, griper, dan mekanisme robot. Kemudian pembuatan elektronika, inti termasuk pembuatan pcb, penentuan actuator , mikrokontroller, serta sensor yang akan dipakai. Lebih lanjut, kami juga melakukan pembuatan program robot, ini merupakan tahapan paling sulit apalagi jika robot otomatis, kami menyusun serangkaian perintah dalam bentuk coding yang akan dimasukan ke mikrokontroller yang akan mengontrol robot, tahap ini merupakan tahapan paling menentukan, dimana 1 menit sebelum lomba pun kami masih terus menyesuaikan program yang kami buat,” jelasnya 

Nantinya, tim yang lolos pada tahap ini akan mengikuti tahap nasional di Surakarta 3 – 8 Juli 2024  mendatang. Pengumuman peserta yang lolos tahap nasional  akan diumumkan pada tanggal 5 Juni 2024 mendatang. AA