Membangun Keterampilan Konseling, UPA BK Untad Adakan Pelatihan Konselor Sebaya untuk Mahasiswa Angkatan I

Pada Kamis, (30/05/2024) Unit Penunjang Akademik Bimbingan dan Konseling (UPA BK) Universitas Tadulako (Untad) telah menyelenggarakan Pelatihan Konselor Sebaya bagi mahasiswa angkatan pertama. Acara tersebut berlangsung di Aula Laboratorium Terpadu Untad dengan dihadiri oleh Warek Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, beberapa Civitas Akademika, Tim UPA BK Untad, serta mahasiswa.

Pelatihan Konselor Sebaya ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi konselor sebaya yang efektif.

Drs. Muhammad Marzuki, M.Si, selaku Kepala UPA BK Untad, menyampaikan bahwa pelatihan konselor sebaya ini merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling di Universitas Tadulako.

“Kita menyadari bahwa mahasiswa seringkali merasa lebih nyaman dan mudah untuk berbicara dan berbagi cerita dengan teman sebayanya, sehingga kita mengadakan pelatihan khusus seperti ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, Drs. Muhammad Marzuki, M.Si menambahkan bahwa pelatihan ini juga merupakan bagian dari upaya UPA BK Untad dalam mendukung program-program peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan mahasiswa.

“Melihat keterbatasan tim UPA BK Untad dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling, kami memutuskan untuk melibatkan mahasiswa sebagai konselor sebaya. Langkah ini diambil agar mahasiswa dapat saling mendukung dan membantu teman-teman mereka yang sedang dalam masalah,”imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Dr. Ir. Sagaf Djalalembah, M.P selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni juga menyampaikan harapannya agar pelaksanaan kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan cita-cita yang diinginkan. Beliau berharap program ini mampu menciptakan lingkungan kampus yang lebih suportif dan membantu mahasiswa dalam mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

“Saya berharap kampus Universitas Tadulako ini tertata, tertib dan beretika dalam satu karakter yang menjadi komitmen sesuai dengan slogan kampus ini yaitu Tadulako yang artinya sebagai pemimpin,”pungkasnya.

Pelatihan tersebut menghadirkan Narasumber Hendrijete N. Nuda, S.Psi., M.M., Psikolog selaku Ketua HIMPSI Sulawesi Tengah. ST